Ada Rusia di Balik Iran Sukses Ladeni Serangan 100 Pesawat Israel Termasuk F-35

Minggu, 27 Oktober 2024 - 13:39 WIB
loading...
A A A
Keesokan harinya, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan keberhasilan penyelesaian operasi udara mereka, yang menargetkan sistem pertahanan udara dan fasilitas produksi rudal sambil sengaja menghindari infrastruktur nuklir dan minyak untuk fokus hanya pada sasaran militer.

Fakta memang kehidupan di ibu kota Iran berjalan normal,termasuk penerbangan kembali beropasi beberapa jam setelah serangan Zionis terhenti. Para pejabat Teheran bahkan meledek serangan Israel, menyebutnya terlalu lemah untuk menyakiti Iran.

Meski demikian, Iran mengutuk serangan Israel sebagai pelanggaran hukum internasional, menegaskan haknya untuk membela diri berdasarkan Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Apakah Iran akan membalas masih belum pasti. Sumber yang berbicara dengan Sky News Arabia mengindikasikan bahwa Iran mengisyaratkan, melalui perantara, keputusan untuk menahan diri dari pembalasan langsung.

Sementara laporan dari Tasnim News menunjukkan bahwa Teheran siap untuk menanggapi dan memperingatkan bahwa Israel akan menghadapi tindakan balasan yang proporsional.



Pada saat yang sama, Amerika Serikat mendesak Iran untuk menghentikan tindakan agresifnya, memperingatkan bahwa permusuhan yang berkelanjutan dapat menyebabkan dukungan Amerika untuk pertahanan Israel dan konsekuensi potensial jika ketegangan meningkat lebih lanjut.

Sistem Pertahanan Rusia Pelindung Iran


Strategi Israel mencerminkan operasi masa lalu terhadap target Suriah, khususnya setelah jatuhnya F-16I Israel oleh rudal S-200 Suriah pada tahun 2018.

Intelijen AS yang bocor juga menunjukkan bahwa Israel mungkin mempertimbangkan penggunaan rudal balistik jarak jauh yang diluncurkan dari udara terhadap posisi Iran.

Menanggapi gelombang serangan awal, pasukan Iran mengerahkan rudal permukaan-ke-udara [SAM] jarak menengah untuk melawan rudal Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)