Menlu AS Temui Mohammed bin Salman Bahas Gaza dalam Upaya Normalisasi Israel-Arab Saudi

Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:09 WIB
loading...
Menlu AS Temui Mohammed...
Menlu AS Antony Blinken menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, membahas nasib Gaza dalam upaya Amerika untuk normalisasi Israel-Arab Saudi. Foto/X @SecBlinken
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken telah menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman di Riyadh pada Rabu.

Blinken membahas masa depan Gaza dalam upaya Amerika untuk menormalisasi hubungan Israel dan Arab Saudi.

"Blinken menekankan perlunya mengakhiri perang di Gaza, membebaskan para sandera, dan memungkinkan rakyat Gaza membangun kembali kehidupan mereka yang bebas dari Hamas," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller saat membacakan hasil pertemuan tersebut, seperti dikutip dari The National, Kamis (24/10/2024).



Kunjungan Blinken merupakan bagian dari lawatan ke Timur Tengah untuk mendesak gencatan senjata di Gaza dan upaya diplomatik untuk menghentikan konflik agar tidak menyebar lebih jauh ke seluruh wilayah.

Pada hari Selasa, dia bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem, di mana keduanya membahas rencana untuk "hari setelah perang" di Gaza. "Dan kerangka pemerintahan untuk wilayah yang hancur itu," kata kantor Netanyahu.

Arab Saudi sebelumnya mengatakan tidak akan menormalisasi hubungan dengan Israel tanpa pembentukan Negara Palestina.

Namun, Blinken mengatakan kepada wartawan sebelum meninggalkan Israel; "Masih ada, terlepas dari semua yang telah terjadi, peluang luar biasa di wilayah ini untuk bergerak ke arah yang sama sekali berbeda."

"Arab Saudi akan menjadi inti dari itu, dan itu termasuk kemungkinan normalisasi hubungan dengan Israel," ujarnya.

Diplomat AS itu dijadwalkan mengunjungi Yordania dan bertemu Menteri Luar Negeri Ayman Safadi, tetapi Kementerian Luar Negeri Yordania mengatakan pada Selasa malam bahwa kunjungan itu telah ditunda, tanpa memberikan rincian.

Pengumuman itu muncul setelah Raja Abdullah II dari Yordania tiba di Riyadh sebelum kunjungan Blinken ke Ibu Kota Arab Saudi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)