Tingkat Kemiskinan di Wilayah Palestina Capai 75%, Gaza Mundur ke Era 1950-an

Rabu, 23 Oktober 2024 - 10:45 WIB
loading...
Tingkat Kemiskinan di...
Kendaraan militer Israel berpatroli di Kamp Pengungsi Jenin selama serangan yang dilakukan tentara Israel di kota Jenin, Tepi Barat yang diduduki pada 25 September 2024. Foto/Nedal Eshtayah/Anadolu Agency
A A A
GAZA - Tingkat kemiskinan di Wilayah Palestina yang Diduduki diperkirakan akan mencapai hampir 75% tahun ini di tengah pemboman dan invasi Israel yang terus berlanjut di Jalur Gaza.

Menurut laporan baru Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP), ekonomi Palestina saat ini 35% lebih kecil daripada saat awal invasi Israel setahun yang lalu, menghapus kemajuan selama lebih dari tujuh dekade dan menyebabkan tingkat pembangunan di Gaza anjlok ke tingkat tahun 1950-an.

Pada akhir tahun 2023, tingkat kemiskinan di seluruh Wilayah Palestina adalah 38,8%, tetapi 2,61 juta warga Palestina lainnya yang jatuh miskin tahun ini telah membuat total baru menjadi 4,1 juta, sehingga jumlahnya hampir dua kali lipat menjadi 74,3%.

Kepala UNDP Achim Steiner menyatakan, “Dampak langsung dari perang, tidak hanya dalam bentuk kerusakan infrastruktur fisik, tetapi juga dalam bentuk kemiskinan, mata pencaharian, dan hilangnya mata pencaharian, sangat besar.”

Dia menambahkan, “Tingkat kerusakan telah menghambat Negara Palestina selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, dalam hal jalur pembangunannya.”

Steiner mengakui, bahkan jika pengeboman dihentikan dan bantuan kemanusiaan diberikan setiap tahun mulai sekarang, akan butuh waktu setidaknya satu dekade sebelum ekonomi kembali ke tingkat sebelum invasi Israel.

“Proyeksi dalam penilaian baru ini menegaskan di tengah penderitaan langsung dan hilangnya nyawa yang mengerikan, krisis pembangunan yang serius juga sedang terjadi, krisis yang membahayakan masa depan warga Palestina untuk generasi mendatang,” ungkap dia.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)