Hamas Mungkin Tunjuk Pemimpin Baru dari Luar Gaza setelah Kematian Yahya Sinwar

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 10:45 WIB
loading...
A A A
Hamas didirikan pada tahun 1987 dan merupakan cabang dari gerakan Ikhwanul Muslimin. Keputusannya biasanya diambil melalui konsensus di lembaga-lembaga Hamas.

Dengan tewasnya Sinwar, kepemimpinan Hamas untuk Gaza untuk sementara diserahkan kepada wakilnya yang berdomisili di Qatar, Hayya.

“Namun, perang yang sedang berlangsung dan kesulitan komunikasi mungkin membatasi seberapa banyak kontak sehari-hari yang dapat dilakukan Hayya dengan orang-orang di lapangan, sehingga sayap bersenjata Brigade Qassam memegang kendali,” ujar para ahli.

Seorang sumber Hamas mengatakan Hayya diharapkan tidak akan menemui masalah dalam menjalankan perannya sebagai "pemimpin Gaza de facto".

Sumber tersebut mencatat Hayya telah menjaga hubungan baik dengan sayap militer dan dekat dengan Sinwar dan Haniyeh.

Akram Attallah, analis politik Palestina, mengatakan dia berharap sayap bersenjata akan menghormati wewenang Hayya, bahkan dari jauh.

Dia juga berharap Mohammad Sinwar akan muncul sebagai tokoh yang lebih penting dalam sayap bersenjata dan di Hamas, secara umum.

“Seorang komandan veteran Brigade Qassam, Mohammad Sinwar jarang muncul di depan umum, telah lama masuk dalam daftar orang paling dicari Israel dan telah selamat dari beberapa upaya pembunuhan terhadapnya,” ungkap sumber Hamas.

Para pejuang yang dipimpin Hamas menewaskan 1.200 orang dan menculik 250 orang lainnya selama serangan 7 Oktober, menurut penghitungan Israel.

Namun, sejak saat itu, telah diungkapkan Haaretz bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim Israel telah dibunuh Perlawanan Palestina.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)