Profil Yahya Sinwar, Pemimpin Hamas yang Diklaim Israel Tewas

Kamis, 17 Oktober 2024 - 23:35 WIB
loading...
A A A
Ia telah ditetapkan sebagai teroris global oleh Departemen Luar Negeri AS sejak 2015, dan telah dikenai sanksi oleh Inggris dan Prancis.


3. Diplomat Ulung yang Dekat dengan Pemimpin-pemimpin Arab

Sinwar bergabung dengan kelompok Palestina pada akhir 1980-an, dan bertanggung jawab untuk memperkuat sayap militer Hamas sebelum menjalin hubungan penting dengan pemain Arab regional.

Ia lahir pada tahun 1962, di sebuah kamp pengungsi di Khan Younis, Gaza selatan. Beberapa dekade sebelumnya, keluarganya melarikan diri dari Al-Majdal, sebuah desa di Palestina yang bersejarah selama al-Nakba, atau "bencana" – bersama dengan 700.000 warga Palestina yang melarikan diri atau diusir secara paksa dari rumah mereka setelah perang 1948/49, di wilayah yang sekarang menjadi Israel.

4. Musuh Israel Nomor 1

Pemimpin Palestina yang berbasis di Gaza tersebut adalah musuh publik nomor satu di Israel. Jadi, dengan memilihnya sebagai kepala biro politiknya, Hamas mengirimkan pesan pembangkangan kepada pemerintah Israel.

Namun masih belum jelas bagaimana Sinwar dapat berkomunikasi dengan sesama anggota Hamas, menjalankan operasi politik harian gerakan tersebut, dan mengawasi negosiasi gencatan senjata Gaza saat bersembunyi.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)