AS Terjunkan Pesawat Pengebom Nuklir B2 ke Yaman, Ada Apa?

Kamis, 17 Oktober 2024 - 14:17 WIB
loading...
A A A
Bulan lalu, mereka meluncurkan rudal balistik jarak jauh dari Yaman yang menghantam Israel tengah, memicu kebakaran. Rudal itu memicu sirene serangan udara di Tel Aviv dan di seluruh Israel tengah, termasuk bandara internasional Ben Gurion, membuat penduduk berlarian mencari perlindungan.

Kelompok yang berpihak pada Iran tersebut telah menunjukkan serangannya sebagai bentuk dukungan bagi warga Palestina yang menghadapi pemboman Israel, meskipun mereka juga telah menyerang kapal-kapal yang tidak memiliki hubungan yang jelas dengan perang tersebut.

Tidak ada laporan sebelumnya tentang B-2 Spirit yang digunakan dalam serangan yang menargetkan Houthi.

B-2 berkemampuan nuklir pertama kali beraksi pada tahun 1999 dalam Perang Kosovo, dan telah dikerahkan ke Afghanistan, Irak, dan Libya juga. Mereka jarang digunakan oleh militer AS dalam pertempuran karena setiap pesawat bernilai sekitar $1 miliar.

B-2 terbang ke target mereka dari Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di Missouri, menurut laporan dari Bloomberg. Ini menandai pertama kalinya sejak Januari 2017 bahwa pembom siluman berbentuk sayap tersebut telah menerbangkan misi tempur.

Setiap B-2 mampu membawa membawa hingga 20 ton bom, termasuk 80 amunisi berpemandu GPS seberat 500 pon, tambah laporan itu.

Serangan bom terbaru AS terjadi sehari setelah utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Yaman, Hans Grundberg, memperingatkan bahwa negara itu berisiko terseret lebih jauh ke dalam eskalasi militer di Timur Tengah.

Sementara warga Yaman "mendambakan" perdamaian, harapan untuk mengakhiri eskalasi kekerasan di wilayah itu "tampaknya jauh", kata Grundberg kepada Dewan Keamanan PBB.

"Sekarang, seperti banyak orang di Timur Tengah, harapan mereka untuk masa depan yang lebih cerah jatuh di bawah bayang-bayang potensi konflik regional yang dahsyat," katanya.
(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)