Biden Akui Secara Pribadi Perintahkan Pengerahan 100 Tentara AS dan Rudal THAAD ke Israel

Rabu, 16 Oktober 2024 - 08:30 WIB
loading...
Biden Akui Secara Pribadi...
Sistem rudal THAAD Lockheed Martin dengan delapan tabung. Foto/Lockheed Martin
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menulis surat kepada para pemimpin kongres AS yang mengatakan dia secara pribadi memerintahkan pengerahan sistem pertahanan rudal, beserta tentara untuk mengoperasikannya, ke Israel.

Gedung Putih menerbitkan rincian surat Biden kepada para pemimpin kongres pada Selasa (15/10/2024) setelah pernyataan sebelumnya pada Minggu mengatakan pengerahan sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) telah disahkan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Sebelumnya pada Selasa, rincian surat lainnya, dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin yang menyerukan para pemimpin Israel untuk mengambil "tindakan konkret" untuk meringankan situasi kemanusiaan di Gaza utara dalam waktu 30 hari, telah bocor.

Pengerahan sistem antirudal canggih Amerika Serikat ke Israel, beserta 100 tentara untuk mengoperasikannya, menandai peningkatan signifikan dalam keterlibatan AS dengan perang Israel yang meluas yang telah disubsidi besar-besaran oleh Washington.

Namun, pengerahan pasukan tersebut, sebagai antisipasi atas respons Iran terhadap serangan Israel yang diperkirakan akan terjadi di Iran, juga menimbulkan pertanyaan tentang legalitas keterlibatan AS pada saat pemerintahan Presiden AS Joe Biden menghadapi reaksi keras yang semakin meningkat atas dukungannya yang tak tergoyahkan terhadap Israel.

Hal ini juga terjadi ketika para pejabat AS berusaha menunjukkan otoritas dan mengancam untuk akhirnya menegakkan hukum AS yang melarang bantuan militer ke negara-negara yang memblokir bantuan kemanusiaan, seperti yang telah dilakukan Israel secara teratur di Gaza.

Dua perkembangan terkini, pengumuman hari Minggu bahwa AS akan mengerahkan pasukan ke Israel dan surat yang dikirim para pejabat AS pada hari yang sama yang menyerukan Israel untuk memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza atau menghadapi konsekuensi yang tidak ditentukan, menggarisbawahi pendekatan yang tidak konsisten dari pemerintahan yang secara efektif telah melakukan sedikit hal substansial untuk mengendalikan perang Israel yang terus meluas.

Israel telah membunuh lebih dari 42.200 warga Palestina di Jalur Gaza. Sebagian besar korban adalah wanita dan anak-anak. Israel juga membantai lebih dari 1.000 warga Lebanon.

AS menjadi pemasok senjata utama yang digunakan Israel untuk membunuh warga Palestina dan Lebanon.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)