Militer Israel Gunakan Warga Palestina sebagai Perisai Manusia dalam Misi Mematikan di Gaza

Selasa, 15 Oktober 2024 - 16:15 WIB
loading...
A A A
“Tentara Israel yang diwawancarai menggambarkan praktik menggunakan warga Palestina untuk tameng manusia sebagai rutinitas, yang dilakukan dengan dukungan logistik dan pengetahuan atasan di medan perang,” ungkap laporan NYT.

Menanggapi laporan tersebut, militer Israel mengklaim, "Arahan dan pedomannya secara tegas melarang penggunaan warga sipil Gaza yang ditahan untuk operasi militer."

"Tentara Israel telah berulang kali menggunakan orang sebagai tameng manusia, dengan banyak contoh perilaku ini didokumentasikan di seluruh Tepi Barat serta Jalur Gaza. Ini adalah perluasan dari strategi lama yang digunakan militer Israel selama masa eskalasi atau selama serangan yang sering dilakukan ke Tepi Barat,” tulis organisasi Euro-Med Human Rights Monitor yang berpusat di Jenewa dalam laporannya bulan Juli.

Laporan lain, “Matriks Kontrol Israel: Penggunaan warga sipil Palestina sebagai tameng manusia,” juga mendokumentasikan kasus-kasus warga sipil Palestina yang digunakan sebagai tameng manusia oleh pasukan militer Israel selama konflik 50 hari di Jalur Gaza pada tahun 2014.

Rezim kolonial Israel telah membunuh 42.289 orang dan melukai 98.684 orang di Gaza sejak Oktober 2023, menurut otoritas kesehatan daerah kantong tersebut.

(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)