Ini Kisah CIA, Navy Seal, dan Uang Tunai USD15 Juta dalam Upaya Pembunuhan Nicolas Maduro

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:46 WIB
loading...
Ini Kisah CIA, Navy...
CIA dan Navy Seal berniat membunuh Nicolas Maduro. Foto/easy-peasy
A A A
WASHINGTON - Itu adalah kisah yang sangat menyentuh hati, tepat pada saat Natal.

Pada tanggal 20 Desember tahun lalu, Amerika Serikat berhasil membebaskan 10 warga negara AS dari Venezuela – enam di antaranya ditahan secara salah – dengan imbalan sekutu dekat Presiden otoriter Nicolas Maduro dan komitmen dari Caracas bahwa mereka akan berhenti menahan warga Amerika untuk digunakan sebagai pion negosiasi.

“Pemerintah telah menjelaskan dengan sangat jelas harapan bahwa warga Amerika lainnya tidak akan ditahan, dan telah mengamankan komitmen terkait hal tersebut,” seorang pejabat AS yang ceria mengumumkan pada saat itu, dilansir CNN.

Kesepakatan itu, yang juga mencakup ekstradisi mantan kontraktor militer yang dikenal sebagai “Fat Leonard” yang mengatur skandal korupsi terbesar dalam sejarah Angkatan Laut AS, dipuji sebagai pencairan hubungan dalam kebuntuan yang telah berlangsung lama antara kedua negara yang telah melihat AS menjatuhkan sanksi terhadap Venezuela dan menuduh pemimpinnya secara ilegal merebut kekuasaan, menyalahgunakan hak asasi manusia, dan memperdagangkan narkoba.

Namun, hampir setahun kemudian, suasana berubah menjadi lebih seperti tipuan Halloween daripada suguhan Natal.

AS mengatakan klaim rencana CIA untuk membunuh Maduro adalah "salah kategori" setelah Venezuela menangkap enam warga negara asing

Venezuela baru-baru ini mengumumkan telah menahan sedikitnya empat warga negara AS, bersama dengan beberapa warga negara asing lainnya, dengan tuduhan bahwa mereka adalah bagian dari konspirasi internasional yang didalangi oleh CIA dan intelijen Spanyol untuk menggulingkan Maduro.

Klaim tersebut telah dibantah keras oleh pemerintah AS dan Spanyol.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan klaim tersebut "salah kategori" dan mengisyaratkan bahwa penahanan tersebut terkait dengan kritik Amerika terhadap pemilihan presiden Venezuela yang disengketakan, yang diklaim dimenangkan Maduro meskipun ada skeptisisme yang meluas. Amerika Serikat "terus mendukung solusi demokratis untuk krisis politik di Venezuela," kata Departemen Luar Negeri, dengan tegas, saat mengomentari tuduhan tersebut.

Jadi, apakah klaim Venezuela itu benar? Dan jika tidak, apa yang diharapkan Maduro dengan kembali ke buku pedoman lama?

1. Skenario Bergaya Hollywood

Rincian dugaan rencana itu seperti naskah film thriller Hollywood. Menteri Dalam Negeri Maduro, Diosdado Cabello mengklaim bahwa orang asing yang ditahan - yang juga termasuk dua orang Spanyol dan seorang Ceko - adalah bagian dari unit bayangan yang melakukan perjalanan ke Venezuela untuk membunuh Maduro, yang tampaknya dimotivasi oleh hadiah hingga $15 juta yang ditawarkan Departemen Kehakiman AS pada tahun 2020 untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau hukumannya.

Menurut Cabello, rencana tersebut tidak hanya melibatkan CIA tetapi juga dipimpin oleh seorang anggota Angkatan Laut AS yang masih aktif bertugas, dan melibatkan pengiriman 400 senapan buatan AS (yang sekarang disita) dan senjata api lainnya.

Cabello mengklaim bahwa dua warga negara AS lainnya adalah "peretas" yang berniat mengganggu layanan listrik Venezuela yang tidak efisien secara kronis. (Bukan pertama kalinya Cabello mengkritik keras pemadaman listrik; ia menduga "tindakan teroris" oleh pihak oposisi berada di balik pemadaman listrik pada akhir Agustus yang memengaruhi sedikitnya sembilan negara bagian Venezuela dan puluhan kota termasuk ibu kota Caracas.)

Yang menarik, juru bicara Gedung Putih John Kirby mengonfirmasi bahwa pria yang diidentifikasi Caracas sebagai dalang yang diduga – Wilbert Castañeda – adalah anggota aktif Angkatan Laut AS yang, menurut Kirby, pergi ke Venezuela untuk "perjalanan pribadi." Media lain melaporkan bahwa Castañeda, yang memiliki kewarganegaraan ganda Meksiko-AS, pernah bertugas sebagai Navy Seal tetapi statusnya dicabut beberapa waktu lalu.

Mengingat sifat tuduhan tersebut, klaim Venezuela hampir mustahil untuk diverifikasi secara independen.

2. Nicolas Maduro Jadi Target Utama

Namun, para skeptis mungkin mengatakan bahwa itulah intinya – bahwa bagi Maduro, CIA hanyalah momok yang mudah digunakan dan sudah teruji.

Maduro sebelumnya juga menuduh, tanpa bukti, bahwa pemerintah AS dan mantan Presiden AS Donald Trump berada di balik upaya pembunuhan tahun 2018 di mana sebuah pesawat nirawak bermuatan bahan peledak meledak dalam salah satu pidatonya (sebuah 'serangan' yang awalnya coba disematkan jaksa kepada Presiden Kolombia saat itu, Juan Manuel Santos).

Maduro juga menuduh, lagi-lagi tanpa bukti, bahwa CIA dan Washington secara umum harus disalahkan atas pemberontakan pada April 2019, dan pada September tahun berikutnya pemerintahnya menahan warga negara AS Matthew Heath atas tuduhan memata-matai kilang minyak di negara bagian Falcon. Heath kemudian dibebaskan dalam pertukaran tahanan, dan pemerintah AS selalu membantah terlibat dalam salah satu skema yang dituduhkan.

Meski begitu, Maduro tahu ada audiens yang menerima narasi semacam itu, tepatnya karena CIA memang memiliki sejarah campur tangan yang terdokumentasi dengan baik di wilayah tersebut. Dan kemungkinan besar dia tidak melupakan bahwa AS mengetahui adanya rencana untuk menggulingkan pendahulunya, Hugo Chavez, beberapa minggu sebelum kudeta dicoba pada tahun 2002.

'Anjing liar', atau ancaman dari dalam? Namun, bahkan di antara mereka di pemerintahan Venezuela yang percaya bahwa badan keamanan telah menemukan semacam rencana, ada beberapa yang skeptis terhadap klaim Cabello tentang keterlibatan CIA.

"Saya pikir ini lebih merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab daripada keterlibatan nyata dari pemerintah AS, karena semua orang tahu bahwa menyingkirkan Maduro dengan paksa hanya akan meningkatkan konflik di sekitar Venezuela," kata seorang sumber pemerintah yang, seperti orang lain yang dimintai pendapatnya untuk artikel ini, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sifat rahasia topik tersebut.

3. Ada Hadiah Senilai USD15 Juta

"Tetapi Anda tidak dapat meremehkan daya tarik hadiah (USD15 juta dari Departemen Kehakiman) terutama untuk petualang gila, atau apakah Anda benar-benar percaya bahwa seorang Navy Seal yang bertugas aktif melakukan perjalanan ke Venezuela untuk romansa musim panas?" kata sumber tersebut.

Satu skenario yang tampaknya tidak dipertimbangkan dalam koridor kekuasaan Caracas adalah apakah sebuah rencana dapat berasal dari dalam negeri.

Hal itu mungkin terdengar mengejutkan, mengingat Maduro telah mengasingkan sebagian besar penduduk dengan 'kemenangan' pemilihannya dan tindakan keras berikutnya terhadap oposisi. Ia juga mungkin telah mengasingkan sebagian orang dalam pemerintahannya sendiri dengan kebiasaannya memotong dan mengganti personel kunci sesuka hati.

Namun, meskipun bukan tidak mungkin untuk membayangkan mantan pendukung Chavez berencana untuk menjatuhkan Maduro, penjelasan yang lebih masuk akal mungkin adalah bahwa pemimpin Venezuela itu telah mengarang seluruh cerita untuk pengaruh politik terhadap musuh lamanya, AS.

Jika demikian, menurut Maduro apa yang akan ia peroleh?

Taktik negosiasi?

Jawaban yang jelas mengarah kembali ke pemilihan umum. Pada bulan Oktober tahun lalu, sebelum dirilisnya "Fat Leonard" dan kawan-kawan, Maduro telah berjanji kepada AS bahwa pemilihan umum Venezuela akan bebas dan adil. Dan baru enam bulan yang lalu, komunitas ekonomi di Caracas berharap setidaknya akan cukup adil bagi AS untuk mencabut sanksi minyak yang tersisa dan membawa Venezuela kembali ke dalam pangkuan demokrasi dunia.

Lelucon pemilu berikutnya, dan pengabaian Maduro terhadap komitmennya untuk memulihkan demokrasi, menghancurkan harapan-harapan tersebut dan memperjelas bahwa setiap langkah lebih lanjut menuju rekonsiliasi harus dinegosiasikan dengan susah payah oleh para diplomat.


4. Menjadikan Tahanan AS Jadi Pion

Tampaknya Maduro melihat warga Amerika yang baru ditahan sebagai pion yang akan digunakan dalam negosiasi tersebut, dengan tujuan untuk meredakan kritik AS terhadap pemilu tersebut, dan sebagai daya ungkit dalam negosiasi sanksi apa pun.

Ini adalah pendekatan yang mengirimkan pesan yang diperhitungkan kepada Presiden AS Joe Biden, yang pemerintahannya telah memprioritaskan pembebasan warga negara AS yang ditahan secara tidak adil di luar negeri – setelah mencapai kesepakatan serupa dengan Presiden Rusia Vladimir Putin atas pembebasan bintang WNBA Brittney Griner dan jurnalis Wall Street Journal Evan Gershkovich.

Namun, selain Biden, penahanan tersebut juga merupakan pesan kepada Panglima Tertinggi yang baru, baik itu Kamala Harris atau Donald Trump.

Sejak pemungutan suara yang disengketakan di Venezuela, Departemen Luar Negeri hanya melakukan tindakan minimal terhadap negara tersebut, dengan menjatuhkan sanksi pribadi kepada 16 orang dan meminta Venezuela untuk merilis surat suara lengkap untuk mengklarifikasi hasilnya.

Meskipun AS telah menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap ekspor minyak Venezuela selama bertahun-tahun, otorisasi khusus yang mengizinkan perusahaan minyak Chevron untuk beroperasi di negara tersebut masih berlaku meskipun ada protes internasional musim panas ini.

Siapa pun yang memenangkan pemilihan AS pada bulan November akan menghadapi nasib para tahanan yang membebani mereka ketika mereka dihadapkan pada keputusan apakah akan melanjutkan pendekatan minimal itu atau memperketat aturan.

Dan mereka dapat melupakan harapan bahwa nasib para tahanan dapat diserahkan kepada pengadilan.

"Anda bahkan tidak dapat berbicara tentang persidangan, sejujurnya," kata seorang pengacara yang mewakili warga negara AS yang ditahan secara salah di Venezuela di masa lalu. “Dalam kebanyakan kasus, tidak ada berkas berisi tuduhan yang diajukan terhadap klien Anda, Anda tidak memiliki akses ke investigasi, tidak ada saksi, dan Anda tidak dapat mengajukan bukti baru, semua proses itu terjadi di pengadilan, tetapi itu semua lelucon.”

“Ini membuat frustrasi, pada dasarnya Anda pergi ke pengadilan, dan Anda tahu tidak ada yang diputuskan di sana yang akan membuat perbedaan bagi klien Anda,” kata pengacara lain, yang kliennya dibebaskan setelah menghabiskan lebih dari dua tahun di penjara tanpa dijatuhi hukuman.

5. AS Terjebak dalam Permainan Maduro

Bahkan bagi mereka yang yakin bahwa Maduro telah mengarang rencana untuk mendapatkan pengaruh di AS, masih ada satu misteri yang tersisa: tujuan akhir yang diinginkannya.

Dalam negosiasi sebelumnya mengenai pertukaran tahanan, Maduro berhasil membebaskan tersangka pengatur keuangannya, Alex Saab, dan dua keponakan istrinya yang menjalani hukuman karena mencoba menyelundupkan 800 kilogram kokain ke Amerika Serikat.

Ia juga berhasil mengamankan pencabutan beberapa sanksi minyak yang dijatuhkan AS terhadap Caracas dalam beberapa tahun terakhir.

Kali ini, tanpa ada satu pun rekan dekatnya yang berada di tangan AS, tidak jelas apa yang bisa diminta Maduro di meja perundingan selain legitimasi dan pencabutan sanksi lebih lanjut.

Demikian pula, tidak jelas bagaimana pemerintahan AS yang baru akan menerima gagasan untuk menyerah kepada – dan terlihat menyerah kepada – seorang penindas otoriter.

Negosiasi penyanderaan adalah topik yang canggung bagi pemerintah mana pun, tidak ada yang lebih canggung daripada Amerika Serikat, yang di masa lalu telah menolak untuk terlibat dengan para penculik.

Di sisi lain, AS dapat memutuskan kebebasan warganya sepadan dengan konsesi terbatas apa pun yang dicari Maduro.

Seperti yang dikatakan salah satu orang yang terlibat dalam negosiasi tahun lalu: "Masyarakat bebas memutuskan bahwa tidak ada orang yang tidak bersalah yang boleh dipenjara. Ketika Anda menerima bahwa seorang penjahat bebas berkeliaran tetapi tidak ada tahanan yang tidak bersalah, itulah kebebasan yang sesungguhnya."

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0817 seconds (0.1#10.140)