Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Senin, 31 Agustus 2020 - 15:10 WIB
loading...
Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia
Flinders Range
A A A
Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Melihat dari dekat satwa liar memberi sensasi tersendiri yang membuat perasaan lebih segar dan gembira. Mengamati perilakunya yang lucu, menggemaskan, kadang juga mendebarkan, akan jadi pengalaman baru yang akan membuka pemahaman-pemahaman baru tentang satwa dan alam bebas.

Bila Anda menyukai wisata di alam bebas, berjumpai dengan satwa liar, Australia merupakan pilihan destinasi yang tak mungkin dilewatkan. Wilayahnya yang luas dan fasilitas kesehatan yang baik, Anda akan tetap aman berwisata di alam terbuka Australia meski di musim pandemi. Karena Anda bisa dengan leluasa menerapkan physical distancing.

Oh iya perlu segera diberitahu bahwa satwa liar di Australia tentu saja bukan hanya kanguru. Kanguru hanya salah satu dari begitu banyak dan beragamnya satwa di negeri yang juga terkenal dengan kebun anggurnya.

Seperti ditulis di laman www.australia.com , Australia terkenal akan margasatwanya yang luar biasa. Di Australia, Anda akan mendapatkan banyak peluang untuk berinteraksi secara pribadi dari jarak dekat dengan hewan-hewan yang mengagumkan, seperti mengapung di samping hiu paus yang menawan, memeluk koala, atau melihat buaya di bantaran danau Billabong.
Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Margasatwa Australia sangat unik, dengan banyak spesies yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia. Selain kebun binatang dan taman margasatwa yang menyuguhkan kesempatan terbaik untuk melihat binatang dari jarak dekat, terdapat juga banyak tempat untuk melihat hewan-hewan Australia di habitat alaminya. Anda dapat mengamati Tasmanian Devil yang sedang bermain sambil bergelut, melihat kanguru bersantai di pantai, berfoto bersama quokka dan, jika Anda berani, berhadapan langsung dengan hiu putih besar.

Berikut ini hanyalah beberapa wisata margasatwa yang paling luar biasa di Australia. Anda bisa memulai dengan menyelam bersama raksasa samudra yang lembut: hiu paus dan paus bungkuk.

Pesisir pantai Australia memberikan sangat banyak kesempatan untuk melihat sejumlah spesies paus dalam migrasi tahunan mereka. Penonton di pesisir timur maupun pesisir barat memiliki kesempatan untuk menikmati pertunjukan paus mereka sendiri, dua kali satu tahun, saat mamalia ini melakukan perjalanan menuju dan kembali dari Antartika untuk apa yang dikenal sebagai 'makan siang terpanjang di dunia', yakni penyantapan segala jenis ikan, krill, dan plankton.

Pada akhir musim panas, mereka memulai perjalanan panjang ke utara menuju perairan yang lebih hangat untuk musim berkembang biak dan melahirkan, karena anak paus belum memiliki cukup banyak lapisan lemak pada diri mereka untuk bertahan dari suhu musim dingin. Antara bulan Mei dan November, Anda dapat mengamati paus balin yang melakukan perjalanan menuju perairan bersuhu sedang untuk berkembang biak di South Australia dan Victoria, sementara paus bungkuk yang penuh energi pergi ke utara menuju Great Barrier Reef dan Kimberley dan orca berkumpul di pesisir selatan Western Australia.

Mereka berada di sekitar Hobart pada Mei-Juli dan antara September-Desember; berada di sekitar Perth pada Juni-November; dan di sekitar Sydney akhir November. Dan di sekitar Adelaide sekitar Juni-September.

Apa itu paus minke kerdil? Anda bahkan bisa menyelam dengan paus minke kerdil di Great Barrier Reef, Queensland. Paus minke yang terkenal karena sangat ingin tahu ini suka menghabiskan waktu berjam-jam berenang dengan manusia, bahkan mereka membawa anak-anak mereka untuk diperkenalkan.
Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Seorang wisatawan mengamati paus

Selanjutnya melihat koala yang tertidur di pepohonan. Tampangnya lucu dan menggemaskan, hewan ini ternyata memiliki kebiasaan lebih menakjubkan: tidur di pepohonan. Great Ocean Road yang terdapat di Victoria merupakan salah satu jalan raya yang paling memukau di Australia. Jalan raya tersebut membentang di sepanjang pesisir barat daya negara bagian ini, menyusuri tebing, hutan, tikungan melingkar dan kota-kota tepi pantai. Di jalan raya ini Anda akan melewati kawanan koala abu-abu yang bersembunyi di ketinggian pucuk pohon. Tempat terbaik untuk menemukannya adalah di sepanjang Lighthouse Road, Cape Otway, yang menyimpang dari rute berpemandangan indah sekitar 20 kilometer (12 mil) dari kota Apollo Bay.
Lebih Dekat dengan Satwa Liar di Australia

Tasmanian Devil
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)