Rusia Dilaporkan Usir Dua Diplomat Jerman

Kamis, 12 Desember 2019 - 19:40 WIB
Rusia Dilaporkan Usir Dua Diplomat Jerman
Rusia Dilaporkan Usir Dua Diplomat Jerman
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia dilaporkan telah menyatakan dua diplomat Jerman persona non-grata, mengikuti langkah serupa oleh negara itu. Moskow memberikan waktu kepada kedua diplomat itu satu pekan untuk meninggalkan Rusia.

"Berdasarkan prinsip timbal balik dan Pasal 9 Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik, pihak Rusia telah memutuskan untuk menyatakan dua karyawan Kedutaan Jerman di Rusia persona non grata," kata Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Mereka harus meninggalkan wilayah negara kita dalam waktu tujuh hari, Duta Besar Jerman telah menerima surat yang relevan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (12/12/2019).

Seperti diketahui, pekan lalu Jerman mengusir dua diplomat Rusia. Itu dilakukan setelah jaksa mengatakan mereka memiliki alasan untuk percaya ada keterlibatan Moskow dalam pembunuhan seorang mantan pejuang Chechnya di Berlin pada musim panas ini.

Kantor Luar Negeri Jerman menyatakan, dua karyawan Kedutaan Besar Rusia di Berlin sebagai persona non grata, secara efektif mengusir mereka. Pengumuman itu digambarkan segera berlaku.

"Dengan langkah ini, pemerintah Jerman merespons fakta, bahwa meskipun telah diulangi oleh pejabat tinggi dan kuat, pemerintah Rusia tidak berpartisipasi secara memadai dalam penyelidikan pembunuhan itu," bunyi pernyataan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4497 seconds (0.1#10.140)