Banjir Bandang Terjang Nepal, Sedikitnya 100 Orang Tewas

Minggu, 29 September 2024 - 19:39 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang...
Banjir bandang menerjang Nepal dan mengakibatkan sedikitnya 100 orang tewas. Foto/Nepal News
A A A
KATHMANDU - Banjir besar dan tanah longsor di Nepal telah menewaskan sedikitnya 100 orang di seluruh negara Himalaya itu.

Puluhan orang lainnya masih hilang pada hari Minggu setelah dua hari hujan lebat, yang telah menggenangi lembah di sekitar ibu kota Kathmandu.

Orang-orang terlantar di atap rumah sementara para pekerja membawa penyelamat di atas rakit. Ribuan rumah di dekat sungai juga terendam banjir dan banyak jalan raya terputus.

Meskipun hujan diperkirakan akan terus turun hingga Selasa, ada tanda-tanda akan mereda pada hari Minggu.

Sejauh ini, lebih dari 3.000 orang telah diselamatkan menurut juru bicara pemerintah.

Namun banjir bandang, bersama dengan tanah longsor, telah menyebabkan banyak kematian.

Melansir BBC, lima orang, termasuk seorang wanita hamil dan seorang gadis berusia empat tahun, tewas ketika sebuah rumah runtuh akibat tanah longsor di kota Bhaktapur, di sebelah timur Kathmandu.

Dua jenazah dikeluarkan dari sebuah bus yang terkubur tanah longsor di Dhading, sebelah barat Kathmandu. Dua belas orang, termasuk pengemudi, dikatakan berada di dalam bus.

Enam pemain sepak bola juga tewas akibat tanah longsor di sebuah pusat pelatihan yang dioperasikan oleh Asosiasi Sepak Bola Seluruh Nepal di Makwanpur, sebelah barat daya ibu kota.

Yang lainnya tersapu banjir. Dalam satu kejadian dramatis, empat orang hanyut oleh Sungai Nakkhu di lembah selatan Kathmandu.

"Selama berjam-jam, mereka terus memohon bantuan," kata Jitendra Bhandari, seorang saksi mata, kepada BBC. "Kami tidak bisa berbuat apa-apa."

Hari Om Malla kehilangan truknya setelah terendam air di Kathmandu.

Ia mengatakan kepada BBC bahwa air telah "menyembur" ke dalam kabin saat hujan semakin deras pada Jumat malam.

"Kami melompat keluar, berenang, dan menjauh darinya - tetapi dompet, tas, dan ponsel saya telah hanyut oleh sungai. Saya tidak punya apa-apa sekarang. Kami bermalam di tempat yang dingin."

Juru bicara pemerintah Prithvi Subba Gurung mengatakan kepada Nepal Television Corporation yang dikelola pemerintah bahwa banjir juga telah merusak pipa air, dan memengaruhi saluran telepon dan listrik.

Menurut media pemerintah, 10.000 petugas polisi, serta relawan dan anggota tentara, telah dimobilisasi sebagai bagian dari upaya pencarian dan penyelamatan.

Pemerintah Nepal menghimbau masyarakat untuk menghindari perjalanan yang tidak perlu, dan melarang mengemudi di malam hari di lembah Kathmandu.



Sebagian besar jalan raya - termasuk yang menghubungkan lembah Kathmandu dengan seluruh negeri - juga masih diblokir di beberapa tempat.

Perjalanan udara juga terdampak pada hari Jumat dan Sabtu, dengan banyak penerbangan domestik yang tertunda atau dibatalkan.

Musim hujan membawa banjir dan tanah longsor setiap tahun di Nepal.

Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa curah hujan menjadi lebih intens karena perubahan iklim.

Atmosfer yang lebih hangat dapat menahan lebih banyak uap air, sementara air laut yang lebih hangat dapat memberi energi pada sistem badai, sehingga membuatnya lebih tidak menentu.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)