Iran: Klaim Organisasi Internasional Soal Jumlah Korban Demonstrasi Berlebihan

Minggu, 01 Desember 2019 - 11:59 WIB
Iran: Klaim Organisasi Internasional Soal Jumlah Korban Demonstrasi Berlebihan
Iran: Klaim Organisasi Internasional Soal Jumlah Korban Demonstrasi Berlebihan
A A A
TEHERAN - Iran membantah klaim yang dibuat oleh sejumlah organisasi internasional mengenai jumlah korban dalam aksi demonstrasi di negara itu. Teheran menyebut klaim tersebut berlebihan.

Sejumlah organisasi internasional mengatakan jumlah korban tewas dalam aksi demonstrasi yang menolak kenaikan harga bakan bahar minyak (BBM) di Irak mencapai angka 160 orang.

"Statistik yang dikeluarkan oleh organisasi internasional tentang jumlah korban dari kerusuhan baru-baru ini di Iran tidak dapat dipercaya. Jumlah ini berlebihan," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Iran, Jamal Orf.

"Badan jaksa penuntut akan mengeluarkan jumlah kematian resmi berdasarkan laporan dari kantor koroner," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (1/12/2019).

Iran sendiri sejauh ini belum merilis jumlah resmi dari korban tewas dalam aksi demonstrasi tersebut. Namun, kelompok oposisi percaya jumlah korban tewas tidak berbeda dengan apa yang dilaporkan sejumlah organisasi internasional.

Organisasi HAM yang berbasis di Inggris Amnesty International mengatakan pada hari Jumat bahwa jumlah pengunjuk rasa yang tewas di Iran telah meningkat menjadi 161. "Korban tewas sebenernya kemungkinan akan secara signifikan lebih tinggi," kata Amnesty Internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3799 seconds (0.1#10.140)