Apa Itu Hizbullah? Lahir karena Israel, Pernah Bantai 241 Tentara AS

Kamis, 26 September 2024 - 10:18 WIB
loading...
A A A
Penentang domestik mengkritik Hizbullah karena mempertahankan persenjataannya dan mendominasi pemerintahan Lebanon.

Reputasi Hizbullah juga tercoreng ketika sempat merebut sebagian wilayah Beirut pada Mei 2008 setelah pemerintah Lebanon mengambil tindakan terhadap jaringan telekomunikasi swasta.

Apa Saja Kemampuan Militer Hizbullah?


Hizbullah adalah pasukan paramiliter paling signifikan di dunia Arab dengan struktur organisasi yang kuat serta persenjataan yang cukup besar. Mereka mengklaim memiliki sekitar 100.000 milisi.

Kemampuan militer Hizbullah telah meningkat selama bertahun-tahun, dan telah memainkan peran penting dalam perang saudara Suriah, membantu mempertahankan kekuasaan Presiden Bashar al-Assad di sana.

Mereka juga membantu melatih milisi yang didukung Iran di Suriah dan Irak, serta pemberontak Houthi di Yaman.

Israel memperkirakan Hizbullah memiliki sekitar 150.000 roket dan rudal, termasuk rudal berpemandu dan proyektil jarak jauh yang mampu menyerang di mana saja di Israel. Namun, para pakar memprediksi kelompok itu sekarang sudah memiliki 200.000 rudal.

Sepanjang konflik terakhirnya dengan Israel, Hizbullah secara bertahap memperkenalkan senjata baru ke dalam gudang persenjataannya.

Sementara Hizbullah awalnya mulai meluncurkan rudal dan roket anti-tank, mereka akhirnya memperkenalkan pesawat tanpa awak peledak dan rudal permukaan-ke-udara untuk pertama kalinya.

Nasrallah mengatakan pesawat tanpa awak tersebut diproduksi secara lokal, dan mereka memiliki banyak yang siap digunakan.

Kelompok tersebut mengalami pukulan telak minggu lalu, ketika ribuan perangkat komunikasi, yang sebagian besar digunakan oleh para anggotanya, meledak di berbagai wilayah Lebanon, menewaskan 39 orang dan melukai hampir 3.000 orang, banyak di antaranya warga sipil.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)