6 Negara Arab yang Kaya Gara-gara Minyak, Siapa Saja?

Selasa, 24 September 2024 - 15:18 WIB
loading...
6 Negara Arab yang Kaya...
Arab Saudi, salah satu negara Arab yang kaya gara-gara minyak. Foto/energy.asia
A A A
JAKARTA - Sejumlah negara Arab dikenal kaya raya setelah menemukan ladang minyak. Salah satunya adalah Kerajaan Arab Saudi.

Minyak bumi merupakan komoditas strategis bagi perekonomian banyak negara di dunia. Salah satu kawasan yang cukup identik dengan sumber daya tersebut adalah Timur Tengah yang berisikan negara-negara mayoritas Muslim.

Menurut data Statista, produksi minyak di Timur Tengah pada 2023 mencapai 30,4 juta barel per harinya. Angka tersebut juga menempatkan kawasan Timur Tengah sebagai penyumbang total 31,5 persen dari produksi minyak global.



Negara Arab yang Kaya Gara-gara Minyak


1. Arab Saudi


3 Maret 1938 menjadi hari bersejarah bagi Arab Saudi setelah sumber minyak bumi ditemukan di sana untuk pertama kalinya. Penemuan itu mengubah kehidupan kerajaan tersebut menjadi negara kaya.

Sumber minyak bumi yang layak untuk komersial ditemukan di Dhahran pada 1938 oleh sebuah perusahaan asal California, Amerika Serikat. Temuan sumber daya tersebut menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu kekuatan ekonomi terkaya dan paling signifikan di dunia.

Mengutip Anadolu, Arab Saudi memiliki ladang minyak Ghawar yang disebut sebagai terbesar di dunia dalam hal cadangan dan produksi harian. Lokasinya di provinsi Al-Ahsa, sekitar 100 kilometer (62 mil) di timur ibu kota Riyadh.

Ladang Ghawar memiliki total cadangan minyak sebesar 96 miliar barel. Hal ini menjadikannya sebagai penyedia hampir sepertiga produksi minyak harian Arab Saudi dengan 3,8 juta barel per hari.

Selain Ghawar, Arab Saudi juga memiliki ladang minyak besar lain. Sebut saja seperti Khurais, Shaybah, Safaniya, Manifa, Zuluf, dan lainnya.

2. Iran


Deposit minyak besar pertama ditemukan pada 1908 di Iran (dulu Persia). Seiring waktu, minyak bumi telah menjadi industri utama di negara tersebut sejak 1920-an.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)