Ekonomi China Stagnan, Sektor Industri dan Properti Masih Terpuruk

Senin, 23 September 2024 - 14:15 WIB
loading...
Ekonomi China Stagnan,...
Prospek ekonomi China cenderung stagnan di saat negara tersebut bergulat dengan lesunya tingkat produksi industri dan sektor properti yang terus melemah. Foto/China Daily
A A A
BEIJING - Prospek ekonomi China cenderung stagnan di saat negara tersebut bergulat dengan lesunya tingkat produksi industri dan sektor properti yang terus melemah.

Mengutip dari Vietnam Times, Senin (23/10/2024), sektor produksi industri di China tumbuh hanya 4,5 persen pada Agustus lalu dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023—yang merupakan laju pertumbuhan paling lambat sejak Maret.

Kinerja mengecewakan tersebut semakin diperburuk perjuangan yang sedang berlangsung di pasar properti China, di mana harga perumahan terus turun meski berbagai intervensi pemerintah ditujukan untuk menstabilkan sektor tersebut.

Tantangan ganda dari aktivitas industri yang lesu dan pasar real estate yang stagnan menyoroti kebutuhan mendesak akan langkah-langkah stimulus ekonomi yang lebih kuat untuk meremajakan pertumbuhan dan memulihkan kepercayaan pada ekonomi China. Tanpa tindakan tegas, masalah-masalah tersebut dapat memiliki implikasi yang luas bagi pasar domestik dan global.



Pemulihan ekonomi China mengalami masa sulit pada Mei, dengan output industri yang tidak memenuhi harapan dan sektor properti tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan meski ada dukungan kebijakan.

Sementara penjualan ritel melampaui perkiraan berkat dorongan liburan, data keseluruhan yang dirilis pada hari Senin pekan lalu melukiskan gambaran suram bagi ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Produksi industri tumbuh sebesar 5,6 persen tahun-ke-tahun (YOY), turun dari 6,7 persen pada bulan April dan di bawah kenaikan 6,0 persen yang diprediksi para analis dalam jajak pendapat Reuters.

Perlambatan ini menambah tekanan pada Beijing untuk menerapkan langkah-langkah yang lebih kuat guna merangsang pertumbuhan dan menstabilkan ekonomi.

Pada bulan Mei, penjualan ritel, indikator belanja konsumen, meningkat sebesar 3,7 persen tahun-ke-tahun, naik dari kenaikan 2,3 persen di bulan April dan pertumbuhan tercepat sejak Februari. Para analis telah mengantisipasi kenaikan sebesar 3,0 persen, sebagian karena hari libur umum selama lima hari di awal bulan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)