alexametrics

Corbyn: Baghdadi Lebih Baik Ditangkap dalam Kondisi Hidup

loading...
Corbyn: Baghdadi Lebih Baik Ditangkap dalam Kondisi Hidup
Ketua Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn berada di Hamilton, Inggris, 13 November. Foto/REUTERS/Russell Cheyne
A+ A-
LONDON - Ketua Partai Buruh Inggris Jeremy Corbyn berpendapat lebih baik menangkap Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi dalam kondisi hidup jika memungkinkan.

Baghdadi tewas bersama tiga anaknya dengan meledakkan rompi bom saat dia lari dari serangan pasukan Amerika Serikat (AS) di Suriah barat laut menurut keterangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Corbyn merupakan pengkritik kebijakan luar negeri AS yang ingin menggantikan Boris Johnson sebagai perdana menteri Inggris setelah pemilu 12 Desember. Dia menyatakan orang seperti Baghdadi perlu dibawa ke Pengadilan Internasional di Den Haag.



"Dia dihilangkan dari tempat kejadian adalah hal yang sangat bagus," kata Corbyn pada radio Inggris LBC.

"Jika memungkinkan menahan dia, dan saya tidak tahu rincian situasi saat itu, saya hanya melihat berbagai pernyataan yang keluar oleh AS tentang itu, tentu itu akan menjadi hal yang tepat untuk dilakukan," papar dia.

Corbyn menjelaskan pada Press TV asal Iran pada 2011 bahwa kematian Pemimpin Al-Qaeda Osama bin Laden di tangan pasukan AS adalah satu tragedi karena tidak ada upaya menahan dan mengadilinya.

Corbyn sering mendapat kritik dari lawan-lawan politiknya karena bertemu dengan sejumlah anggota grup militan Irlandia dan Palestina selama puluhan tahun terakhir. Dia juga menyebut anggota Hamas dan Hizbullah sebagai teman-temannya.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak