alexametrics

KTT BRICS Tandai Pemulihan Hubungan China dan Brasil

loading...
KTT BRICS Tandai Pemulihan Hubungan China dan Brasil
Presiden China Xi Jinping bertemu Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Foto/REUTERS
A+ A-
BRASILIA - Jair Bolsonaro berulang kali mengkritik China saat kampanye pemilu presiden Brasil tahun lalu hingga para diplomat dari kedua negara khawatir.Namun setelah 11 bulan masa kepresidenan Bolsonaro, kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Brasil untuk mengikuti konferensi tingkat tinggi (KTT) BRICS jelas akan memperbaiki hubungan itu.
Para presiden dari kelompok negara berkembang Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, akan bertemu di ibu kota Brasil pada Rabu (14/11) dan Kamis (15/11) untuk membahas berbagai isu teknis. Lima pemimpin akan fokus membahas investasi di negara mereka di tengah melemahnya ekonomi global. Selain itu juga membahas berbagai isu seperti Venezuela dan Bolivia.

Sebelum KTT BRICS, Xi dan Bolsonaro akan menggelar pertemuan bilateral pada Rabu (14/11) pagi. "Ini akan menjadi titik akhir proses yang terjadi setelah krisis terburuk dalam hubungan antara Brasil dan China pada beberapa dekade lalu," ungkap Oliver Stuenkel, profesor hubungan internasional di universitas Brasil, Getulio Vargas Foundation.

"China akan memberi sinyal bahwa Beijing adalah teman segala cuaca bagi Brasil," tutur Stuenkel.



China merupakan mitra dagang terbesar Brasil dengan nilai USD98,7 miliar pada tahun lalu. China membeli berbagai komoditas dari Brasil. Permintaan dari China meningkat untuk kedelai dan produk pertanian lain saat Beijing terlibat perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Padahal sebelumnya, Bolsonaro sering menyudutkan China. "China tidak membeli di Brasil. Mereka membeli Brasil," kata Bolsonaro berulang kali.

Namun kini Bolsonaro bersikap lebih lunak pada China setelah dia berkuasa. China juga telah mengizinkan ekspor dari 45 pabrik daging asal Brasil setelah kunjungan Wakil Presiden Hamilton Mourao dan Menteri Agrikultur Brasil Tereza Cristina Dias.
(sfn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak