Mengerikan, Ukraina Serang Gudang Senjata Rusia Picu Ledakan Selevel Gempa

Kamis, 19 September 2024 - 08:27 WIB
loading...
A A A
Ruang obrolan Toropets di situs media sosial Rusia; VK, dibanjiri pesan dukungan dari berbagai daerah di negara itu dan tawaran bantuan kepada orang-orang yang mengungsi dari kota itu.

Beberapa orang bertanya apakah bangunan-bangunan di alamat tertentu masih berdiri.

"Orang-orang, apakah ada yang tahu apa yang terjadi dengan desa Kudino? Mereka mengatakan tidak ada yang tersisa dari rumah kami," tulis seorang wanita.

Wanita lain menjawab: "Di sana mengerikan."

Kudino adalah sebuah desa yang terletak 4,5 km (2,8 mil) di timur laut Toropets.

Beberapa blogger pro-perang Rusia bertanya bagaimana pesawat nirawak dapat memicu ledakan besar seperti itu di tempat yang dianggap sebagai fasilitas yang dijaga ketat.

Menurut laporan kantor berita RIA dari tahun 2018, Rusia sedang membangun gudang senjata untuk menyimpan rudal, amunisi, dan bahan peledak di Toropets, sebuah kota berusia 1.000 tahun, dengan populasi lebih dari 11.000 jiwa.

Dmitry Bulgakov, yang saat itu menjabat sebagai wakil menteri pertahanan, mengatakan kepada RIA pada tahun 2018 bahwa fasilitas tersebut dapat mempertahankan senjata dari rudal dan bahkan senjata nuklir kecil.

Bulgakov ditangkap awal tahun ini atas tuduhan korupsi, yang dibantahnya.

"(Fasilitas beton) itu memastikan penyimpanannya yang andal dan aman, melindunginya dari serangan udara dan rudal, dan bahkan dari faktor-faktor yang merusak dari ledakan nuklir," tulis RIA, mengutip pernyataan Bulgakov saat itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)