Netanyahu Bersiap Pecat Menhan Israel di Tengah Perang Gaza, Ada Apa?

Selasa, 17 September 2024 - 11:59 WIB
loading...
Netanyahu Bersiap Pecat...
PM Israel Benjamin (depan) bersiap memecat Menteri Pertahanan Yoav Gallant di tengah perang Israel melawan Hamas di Jalur Gaza, Palestina. Foto/Noam Revkin Fenton/Flash90/Times of Israel
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu bersiap memecat Menteri Pertahanan (Menhan) di tengah perang melawan Hamas yang sedang berlangsung di Gaza.

Lembaga penyiaran Israel, KAN, mengutip pejabat di kantor PM, melaporkan bahwa Netanyahu mempertimbangkan Ketua Partai Harapan Baru Gideon Sa'ar sebagai pengganti Gallant.

Menurut laporan Al-Jazeera, mengutip surat kabar Maariv, Menteri Kehakiman Israel Yariv Levin dan pengacara Michael Rivlin memimpin negosiasi untuk memasukkan Sa'ar ke dalam pemerintahan Netanyahu.



Laporan tersebut mengatakan pemecatan Gallant, yang sedang disiapkan dipicu oleh perselisihannya dengan Netanyahu terkait upaya invasi besar Israel ke Lebanon.

Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir mendukung pemecatan Menhan Gallant. "Selama berbulan-bulan saya telah meminta Perdana Menteri Netanyahu untuk memecat Gallant, dan sekaranglah saatnya untuk melakukannya segera," tulis Ben-Gvir di X.

"Keputusan harus dibuat di wilayah utara dan Gallant bukanlah orang yang tepat untuk memimpinnya," lanjut dia.

Menurut Times of Israel, Selasa (17/9/2024), isu tentang penggantian Gallant telah beredar selama berbulan-bulan, meskipun Sa'ar membantah pada bulan Juli bahwa dia telah menerima tawaran yang akan membawanya kembali ke koalisi pemerintah Netanyahu.

Seorang juru bicara pemimpin Partai Harapan Baru mengatakan: "Tidak ada yang baru dalam masalah tersebut."

Sementara itu, kantor PM Netanyahu mengatakan: "Publikasi mengenai negosiasi dengan Gideon Sa'ar tidak benar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)