Analis: Opsi Putin Merespons Rudal Jarak Jauh Ukraina Pasokan Barat Mencakup Uji Nuklir

Minggu, 15 September 2024 - 07:16 WIB
loading...
A A A
Rusia belum pernah melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1990, setahun sebelum runtuhnya Uni Soviet, dan ledakan nuklir akan menjadi tanda dimulainya era yang lebih berbahaya, kata Kuehn, sambil memperingatkan bahwa Putin mungkin merasa dia dianggap lemah dalam respons-nya terhadap meningkatnya dukungan NATO pada Ukraina.

“Uji coba nuklir akan menjadi hal baru. Saya tidak akan mengesampingkan itu, dan itu akan sejalan dengan Rusia yang menghancurkan sejumlah pengaturan keamanan internasional yang telah disetujuinya selama beberapa dekade selama beberapa tahun terakhir,” katanya.

Gerhard Mangott, seorang spesialis keamanan di University of Innsbruck di Austria, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia juga berpikir mungkin saja, meskipun menurutnya tidak mungkin, bahwa respons Rusia dapat mencakup beberapa bentuk sinyal nuklir.

“Rusia dapat melakukan uji coba nuklir. Mereka telah melakukan semua persiapan yang dibutuhkan. Mereka dapat meledakkan senjata nuklir taktis di suatu tempat di timur negara itu hanya untuk menunjukkan bahwa (mereka) bersungguh-sungguh ketika mereka mengatakan bahwa kita akhirnya akan menggunakan senjata nuklir,” katanya.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Jumat bahwa NATO akan menjadi pihak langsung dalam permusuhan terhadap negara berkekuatan nuklir, jika blok itu mengizinkan Ukraina menggunakan senjata jarak jauh terhadap Rusia.



"Anda tidak boleh melupakan hal ini dan memikirkan konsekuensinya," katanya.

Rusia, negara berkekuatan nuklir terbesar di dunia, juga sedang dalam proses merevisi doktrin nuklirnya—keadaan di mana Moskow akan menggunakan senjata nuklir.

Putin ditekan oleh seorang politikus garis keras yang berpengaruh untuk membuatnya lebih fleksibel guna membuka pintu untuk melakukan serangan nuklir terbatas terhadap negara NATO.

Respons terhadap Inggris


Dalam kasus Inggris, Moskow kemungkinan akan menyatakan bahwa London telah beralih dari perang proksi hibrida dengan Rusia menjadi agresi bersenjata langsung jika mengizinkan Kyiv menembakkan rudal Storm Shadow ke Rusia, kata mantan penasihat Kremlin Sergei Markov di Telegram.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)