Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Singgung Masalah Rohingya dan Palestina

Minggu, 03 November 2019 - 15:02 WIB
Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Singgung Masalah Rohingya dan Palestina
Bertemu Sekjen PBB, Jokowi Singgung Masalah Rohingya dan Palestina
A A A
BANGKOK - Presiden Indonesia, Joko Widodo dilaporkan mengangkat isu krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar dan Palestina saat melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Keduanya bertemu di sela-sela KTT ASEAN yang berlangsung di Bangkok, Thailand.

Dalam pertemuan tersebut. Jokowi menyampaikan pandangannya terkait situasi terkini terhadap dua isu tersebut. Jokowi, dalam pertemuan itu juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk turut berkontribusi bagi upaya penyelesaian masalah dunia.

"Presiden menyampaikan observasinya terhadap dua isu tersebut. Sekali lagi, Indonesia secara aktif bersedia, more than ready, untuk berkontribusi dalam upaya penyelesaian dua masalah yang tidak mudah itu," kata Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, seperti diktip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Minggu (3/11/2019).

Pada giliranya, Guterres menyampaikan apresiasinya kepada Jokowi atas kontribusi Indonesia dalam upaya penyelesaian dua isu tersebut.

Meski hingga saat ini situasi di Rakhine State dan Palestina masih belum menemui hasil yang diharapkan, baik Jokowi maupun Guterres memiliki pandangan yang sama bahwa seluruh pihak tetap harus menjaga asa bagi penyelesaian krisis tersebut.

"Kita tidak boleh putus asa. Kita harus terus berusaha karena dua-duanya pada akhirnya menyangkut masalah kemanusiaan," tukas Retno.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4353 seconds (0.1#10.140)