Korea Utara Tembakkan Rudal setelah Kim Jong-un Janjikan Pasukan Nuklir Siap Tempur

Kamis, 12 September 2024 - 09:37 WIB
loading...
Korea Utara Tembakkan...
Militer Korea Utara tembakkan sejumlah rudal balistik ke arah laut pada Kamis (12/9/2024) pagi, hanya beberapa hari setelah Kim Jong-un berjanji menempatkan pasukan nuklirnya siap tempur. Foto/AP Photo/Ahn Young-joon
A A A
SEOUL - Militer Korea Utara (Korut) telah menembakkan beberapa rudal balistik ke arah laut pada Kamis (12/9/2024) pagi.

Manuver misil Pyongyang ini terjadi hanya beberapa hari setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjanji untuk menempatkan pasukan nuklirnya sepenuhnya siap untuk bertempur dengan para musuh.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa tembakan rudal balistik pagi ini terjadi di lepas pantai timur Korea Utara tetapi tidak memberikan rincian, termasuk perihal seberapa jauh misil-misil itu melesat.

Kantor Perdana Menteri Jepang juga menginformasikan di akun X-nya bahwa Korea Utara telah menembakkan misil yang diduga rudal balistik, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.



Manuver rudal rezim Korut yang dipimpin Kim Jong-un ini merupakan tembakan pertamanya dalam lebih dari dua bulan terakir.

Pada 1 Juli, Korea Utara mengeklaim telah menguji senjata taktis baru yang mampu meluncurkan hulu ledak kelas "super besar" seberat 4,5 ton.

Dalam pidatonya pada hari Senin, Kim Jong-un mengatakan dia akan melipatgandakan upaya untuk membuat pasukan nuklirnya sepenuhnya siap untuk bertempur dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Dia mengatakan Korea Utara menghadapi ancaman serius karena apa yang disebutnya "ekspansi sembrono" dari blok militer regional yang dipimpin AS yang sekarang berkembang menjadi blok berbasis nuklir.

Kim Jong-un telah membuat janji serupa berkali-kali, tetapi ancaman terbarunya muncul karena para pakar luar percaya Korea Utara akan melakukan uji coba ledakan nuklir atau uji coba peluncuran rudal jarak jauh menjelang pemilihan presiden AS pada bulan November mendatang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)