Biodata dan Agama Bezalel Smotrich, Menkeu Israel yang ingin Lenyapkan Palestina dari Muka Bumi

Rabu, 11 September 2024 - 13:01 WIB
loading...
Biodata dan Agama Bezalel...
Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich. Foto/AP
A A A
TEL AVIV - Bezalel Yoel Smotrich yang lahir pada 27 Februari 1980 adalah seorang politikus dan pengacara sayap kanan Israel yang menjabat sebagai Menteri Keuangan sejak 2022.

Dia terkenal sebagai tokoh supremasi dan rasis Yahudi yang menyerukan untuk melenyapkan Palestina dari muka bumi.

Pemimpin Partai Relijius Nasional–Zionisme Relijius itu sebelumnya menjabat sebagai anggota Knesset untuk The Jewish Home dan Yamina.

Smotrich adalah seorang pemukim di Tepi Barat yang diduduki Israel, tinggal di permukiman Kedumim, yang ilegal menurut hukum internasional. Tempat tinggalnya juga dibangun secara ilegal di luar pemukiman itu sendiri.

Pernyataan Smotrich, yang sering dijuluki "rasis" dan "homofobik," telah menimbulkan beberapa kontroversi.

Dia adalah pendukung perluasan permukiman Israel di Tepi Barat, menentang kenegaraan Palestina, dan menyangkal keberadaan rakyat Palestina.

Sebagai menteri yang memiliki kekuasaan di wilayah Palestina yang diduduki, dia telah memimpin upaya rahasia Israel untuk mencaplok wilayah di Tepi Barat, pertama sebagai fait accompli, kemudian dengan kekuatan hukum.

Biografi


Smotrich lahir di Haspin, permukiman religious Yahudi di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, dan tumbuh di permukiman Beit El, yang dianggap ilegal menurut hukum internasional, di Tepi Barat yang diduduki Israel.

Nama belakangnya berasal dari kota Smotrych di Ukraina, tempat dia mengatakan leluhurnya tinggal.

Kakeknya Yaakov berimigrasi ke Mandatory Palestine sebelum Perang Dunia II, dan kemudian kehilangan orang tuanya, yang tenggelam di kapal Aliyah Bet saat mencoba mencapai Palestina, sementara neneknya Bruria selamat dari Holocaust sebelum berimigrasi ke Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)