Korut Ingatkan AS Tak Eksploitasi Hubungan Baik Trump-Jong Un

Minggu, 27 Oktober 2019 - 16:09 WIB
Korut Ingatkan AS Tak Eksploitasi Hubungan Baik Trump-Jong Un
Korut Ingatkan AS Tak Eksploitasi Hubungan Baik Trump-Jong Un
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) mengatakan, Amerika Serikat (AS) tidak boleh mengeksploitasi hubungan pribadi yang dekat antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Pyongyang mengatakan, hubungan baik kedua pemimpin negara tidak bisa menyelesaikan setiap masalah yang ada.

Pejabat Korut, Kim Yong Chol menuturkan, setiap hal ada batasannya, termasuk pengaruh dari hubungan baik Trump dan Jong-un, terutama dalam proses pembicaraan denuklirisasi.

"Ada batasan untuk semuanya. Hubungan pribadi yang dekat tidak pernah dapat dijauhkan dari pola pikir publik dan mereka tidak pernah menjadi jaminan untuk mencegah hubungan AS-Korut semakin memburuk," ucap Yong-chol, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (27/10/2019).

Sebelumnya, Yong-chol mengatakan bahwa sebuah kekeliruan jika AS mengabaikan tenggat akhir tahun. "AS telah menekan Korut dalam cara yang lebih licik dan ganas daripada mengindahkan seruan Korut agar Washington mengadopsi pendekatan baru," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa AS terus-menerus mendorong negara-negara lain untuk memaksakan sanksi PBB terhadap Korut.

Yong-chol sendiri adalah utusan pembicaraan nuklir ke AS untuk diskusi antara kedua negara sebelum pertemuan puncak kedua antara Trump dan Jong-un di Vietnam pada Februari berakhir dengan kegagalan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5241 seconds (0.1#10.140)