Israel Bombardir Suriah Tewaskan 14 Orang, Iran Sebut Kejahatan Zionis di Luar Palestina

Selasa, 10 September 2024 - 13:57 WIB
loading...
Israel Bombardir Suriah...
Israel membombardir sejumlah wilayah Suriah, menewaskan 14 orang dan melukai 43 lainnya. Foto/Palestine Chronicle
A A A
DAMASKUS - Serangan udara Israel telah membombardir sejumlah wilayah Suriah, termasuk Pusat Penelitian Ilmiah di dekat Masyaf. Serangan pada hari Senin tersebut menewaskan 14 orang dan melukai 43 orang lainnya.

Stasiun televisi pemerintah Suriah melaporkan bahwa kebakaran besar terjadi di wilayah Hayr Abbas, Hama, sebagai akibat dari agresi militer Israel.

Total sekitar 15 serangan udara diluncurkan oleh militer Zionis. Kementerian Informasi Suriah menyatakan bahwa sistem pertahanan udara telah mencegat sejumlah misil musuh.

Sementara itu, saluran resmi Zionis melaporkan bahwa Angkatan Udara Israel telah melakukan lima serangan dari Minggu malam hingga Senin pagi, yang menargetkan sejumlah lokasi di Suriah, termasuk sebuah fasilitas di Masyaf yang diyakini terlibat dalam pengembangan senjata pemusnah massal.



Sebagai respons, Kementerian Luar Negeri Iran mengecam keras serangan Israel di wilayah Suriah, menuduh rezim Zionis telah melakukan kejahatan di luar Palestina.

Kementerian tersebut, seperti dikutip Palestine Chronicle, Selasa (10/9/2024), mengkritik upaya Israel untuk mengaitkan berbagai peristiwa di wilayah Palestina yang diduduki dengan Iran sebagai pengalihan dari kenyataan.

Teheran juga mendesak para pendukung Israel untuk berhenti mempersenjatai negara agresor tersebut.

Israel telah melakukan ratusan serangan udara di Suriah selama beberapa tahun terakhir, yang bertujuan untuk mencegah Iran membangun pijakan militer di sana.

Meskipun otoritas Suriah berulang kali bersumpah untuk melakukan pembalasan, belum ada respons substansial yang diberikan.

Pada awal April, serangan udara Israel menargetkan Konsulat Iran di Damaskus, menewaskan penasihat militer Iran, yang menyebabkan serangan balasan dari Teheran terhadap Israel.

Pada Senin pagi, direktur Rumah Sakit Nasional Masyaf, Dr Faisal Haidar, mengatakan kepada kantor berita SANA bahwa jumlah korban tewas telah mencapai 14 orang, dengan 43 orang lainnya terluka, termasuk enam orang dalam kondisi kritis.

SANA juga telah menerbitkan foto-foto yang memperlihatkan orang-orang yang terluka di ranjang rumah sakit dan kebakaran di daerah hutan.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)