Siapa Michel Barnier? PM Baru Prancis yang Dikenal Anti-Uni Eropa dan Ingin Mewujudkan Frexit

Minggu, 08 September 2024 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Jean Quatremer, seorang jurnalis terkemuka Prancis, mengkritiknya karena menganjurkan semacam "Frexit yang tidak berani menyebut namanya sama saja dengan bunuh diri politik, mengingat 'merek' Eropa-nya adalah nilai jualnya."

Melansir TRT World, Frexit adalah Brexit versi Prancis, sebuah sikap yang juga dianut Le Pen dan sekutunya.

“Setelah bermimpi menjadi Jacques Delors yang baru, ia berakhir sebagai Boris Johnson,” tulis jurnalis Prancis itu untuk menggambarkan perjalanan politik Barnier, yang tidak bisa mendapatkan nominasi partainya untuk pemilihan presiden pada tahun 2021. Delors adalah politikus Prancis terkenal yang menjabat sebagai presiden Komisi Eropa selama satu dekade sejak pertengahan 1980-an.

“Michel Barnier adalah orang munafik terbesar yang pernah lahir,” kata Nigel Farage, politikus nasionalis Inggris, yang merupakan penentang keras UE dan pemimpin Partai Kemerdekaan Inggris yang populis.

Barnier, penulis My Secret Brexit Diary, mengutip argumen pendukung pro-keluar untuk membela dirinya, dengan mengatakan bahwa warga negara Inggris memilih Brexit karena mereka menentang globalisasi, menentang “Eropa yang tidak cukup melindungi mereka, melawan Eropa yang telah melakukan deregulasi dan deindustrialisasi.”

“Alasan yang sama mengapa begitu banyak pemilih Prancis di Marseille dan Picardy memilih Jean-Luc Melenchon dan Marine Le Pen. Kita harus memperhatikan hal ini,” imbuhnya.

Sekarang ia harus mengarungi perairan Prancis yang penuh badai – terjebak di antara Melenchon, suara utama kaum kiri radikal, dan Le Pen, pemimpin lama kaum kanan ekstrem, untuk mendapatkan dukungan dari parlemen yang terbagi guna memperoleh persetujuan bagi kabinetnya.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)