Korut: Fasilitas Korsel di Resor Gunung Kumgang Harus Dibongkar

Rabu, 23 Oktober 2019 - 05:21 WIB
Korut: Fasilitas Korsel di Resor Gunung Kumgang Harus Dibongkar
Korut: Fasilitas Korsel di Resor Gunung Kumgang Harus Dibongkar
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyatakan fasilitas Korea Selatan (Korsel) di resor turis Gunung Kumgang harus dibongkar dengan kesepakatan bersama otoritas Korsel dan dibangun ulang dengan cara modern oleh Korut.

Kantor berita Korut, KCNA melaporkan, Kim menjelaskan, "Ide yang salah bahwa Gunung Kumgang dipandang sebagai simbol hubungan Korut-Korsel."

Kim menegaskan resor itu merupakan wilayah Korut dan pariwisata di sana tidak boleh dikendalikan oleh Korsel.

"Kami akan selalu menyambut kawan-kawan kita dari selatan jika mereka ingin datang ke Gunung Kumgang karena ini dibangun dengan indah sebagai tujuan turis level dunia," papar Kim.

Hubungan Korut dan Korsel mengalami pasang surut seiring krisis nuklir di Semenanjung Korea. Korut enggan menghentikan program nuklir dan rudalnya karena dianggap sebagai satu-satunya cara membela diri dari ancaman serangan Korsel dan Amerika Serikat (AS).

Perundingan antara Korut dan Korsel untuk pelucutan senjata Pyongyang mengalami kebuntuan meski sempat membaik dengan pertemuan pemimpin kedua negara selama beberapa kali. Negosiasi antara Pyongyang dan Washington juga tak mengalami kemajuan setelah Kim dan Presiden AS Donald Trump bertemu dalam sejumlah kesempatan.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5107 seconds (0.1#10.140)