alexametrics

Beijing: Tak Ada Kekuatan yang Bisa Cegah Reunifikasi China-Taiwan

loading...
Beijing: Tak Ada Kekuatan yang Bisa Cegah Reunifikasi China-Taiwan
Menteri Pertahanan China Wei Fenghe. Foto/REUTERS
A+ A-
BEIJING - Menteri Pertahanan Wei Fenghe, pada Senin (21/10/2019), mengatakan menyelesaikan "pertanyaan Taiwan" adalah kepentingan nasional terbesar China. Menurutnya, tak ada kekuatan yang dapat mencegah reunikasi keduanya.

Berbicara di Forum Xiangshan di Beijing, Fenghe seperti dikutip Reuters, mengatakan bahwa kegiatan separatis ditakdirkan untuk gagal. Forum itu digelar sebagai jawaban terhadap forum keamanan tahunan Shangri-La Dialogue di Singapura.

Ketegangan antara China dan Taiwan telah meningkat menjelang pemilihan presiden di pulau itu pada Januari.



Beijing menganggap Taiwan sebagai provinsi China yang membangkang, yang perlu direbut kembali dengan paksa jika perlu. Ancaman merebut paksa itu pernah muncul dalam pidato Presiden Xi Jinping pada awal tahun ini.

Taiwan yang dengan bangga menjadi negara demokratis telah mencerca China karena pemerintahannya yang otoriter dan menjadi ancaman bagi perdamaian regional.

Pecahnya China dan Taiwan bermula dari perang saudara tahun 1949. Dalam perang tersebut, Pasukan Nasionalis yang kalah melarikan diri ke Taiwan dan akhirnya membentuk pemerintahan sendiri.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak