Inggris Akan Kirim 650 Rudal Spesialis LMM Baru ke Ukraina untuk Melawan Rusia

Jum'at, 06 September 2024 - 10:12 WIB
loading...
Inggris Akan Kirim 650...
Inggris akan kirim 650 unit rudal spesialis LMM baru ke Ukraina untuk melawan invasi Rusia. Foto/Think Defence
A A A
LONDON - Inggris akan mengirim 650 sistem rudal spesialis LMM baru ke Ukraina untuk meningkatkan pertahanan udaranya dalam melawan invasi Rusia.

Itu disampaikan pemerintah Inggris pada hari Jumat (6/9/2024), beberapa minggu setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkritik lambatnya pengiriman senjata Barat.

Batch pertama sistem Lightweight Multirole Missile (LMM)—yang dibuat oleh grup pertahanan Prancis; Thales—akan dikirim pada akhir tahun, kata pemerintah Inggris.



Paket bantuan misil senilai ÂŁ162 juta (USD213 juta) tersebut akan diumumkan secara resmi oleh Menteri Pertahanan Inggris John Healey pada pertemuan sekutu Barat Ukraina di Jerman pada hari Jumat.

“Komitmen baru ini akan memberikan dorongan penting bagi pertahanan udara Ukraina dan menunjukkan komitmen pemerintah baru kami untuk meningkatkan dukungan bagi Ukraina,” kata Healey dalam sebuah pernyataan, yang dilansir AFP.

“Dalam beberapa hari terakhir, kita telah melihat kerugian tragis dari serangan Rusia yang membabi buta terhadap Poltava dan Lviv," lanjut dia.

“Rudal baru buatan Inggris ini akan mendukung Ukraina untuk mempertahankan rakyatnya, infrastrukturnya, dan wilayahnya.”

Healy memangku jabatan tersebut pada awal Juli, setelah Partai Buruh menggantikan Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris setelah 14 tahun beroposisi.

Pesanan rudal baru tersebut muncul beberapa hari setelah dia memberi tahu mitranya dari Ukraina Rustem Umerov bahwa Inggris akan meningkatkan dukungan selama beberapa bulan mendatang selama pembicaraan di London.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)