Mengenal Alice Guo, Agen Mata-mata China yang Jadi Wali Kota di Filipina

Kamis, 05 September 2024 - 15:15 WIB
loading...
Mengenal Alice Guo,...
Alice Guo dituduh sebagai agen mata-mata China China yang jadi wali kota di Filipina. Foto/AP
A A A
JAKARTA - Seorang walikota yang dipermalukan yang dicari di Filipina karena dugaan hubungan dengan jaringan kriminal China telah ditangkap di Indonesia setelah beberapa minggu dalam pelarian.

Alice Leal Guo, yang diidentifikasi sebagai warga negara China Guo Hua Ping oleh otoritas imigrasi Filipina, melarikan diri dari negara itu pada bulan Juli saat spekulasi beredar mengenai identitas aslinya setelah penggerebekan mengungkap pusat penipuan besar yang dikelola oleh ratusan orang di kota asalnya.

Skandal tersebut memikat negara selama berbulan-bulan saat para anggota parlemen menyelidiki lebih dalam tuduhan terhadap Guo, melalui penyelidikan senat yang mendengarkan klaim aktivitas perjudian ilegal, pencucian uang, perdagangan manusia, dan penipuan.

Saat tekanan meningkat pada Guo, 34 tahun, untuk menjelaskan bagaimana ia mengumpulkan jutaan aset sebagai politisi pertama kali dalam waktu dua tahun setelah terpilih menjadi pejabat publik, ia menghilang, melarikan diri dari negara itu diduga melalui jaringan rahasia mobil van dan perahu kecil.

Dari Filipina, pihak berwenang yakin ia menyeberangi laut ke Malaysia, lalu Singapura dan Indonesia, tempat polisi setempat menangkapnya pada dini hari Rabu.

Mengenakan piyama merah muda dan jaket putih, Guo terlihat digiring menuruni tangga oleh pihak berwenang Indonesia di Kota Tangerang, Jakarta, dalam sebuah video yang dirilis oleh pihak berwenang Filipina.

Dalam sebuah pernyataan video yang diunggah ke Facebook, Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. memuji petugas penegak hukum atas penangkapan Guo.

“Biarkan ini menjadi peringatan bagi mereka yang mencoba menghindari keadilan. Itu adalah tindakan yang sia-sia. Lengan hukum itu panjang, dan akan menjangkau Anda,” katanya.

Tim hukum Guo menulis dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke CNN pada hari Kamis bahwa penangkapan tersebut merupakan “perkembangan yang disambut baik” karena ia sekarang akan memiliki kesempatan untuk “menjawab tuduhan dan masalah yang dilontarkan kepadanya.”

“Kami percaya bahwa Alice L. Guo akan menunjukkan keberanian dan ketahanannya dalam menghadapi kesulitan,” kata Kantor Hukum David Buenaventura dan Ang.

Mengenal Alice Guo, Agen Mata-mata China yang Jadi Wali Kota di Filipina

1. Jatuh dari Kesan Glamor

Dengan rambut hitam panjang dan senyum berseri-seri, kandidat berkacamata yang mencalonkan diri sebagai wali kota Bamban, sebuah kota kecil di provinsi Tarlac sekitar 60 mil di utara Manila, muncul dalam materi kampanye 2022 yang diunggah ke YouTube dengan deskripsi: “Kenali Alice Guo yang sebenarnya.”
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)