China: Dua Warga AS Telah Dibebaskan dengan Jaminan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 19:18 WIB
China: Dua Warga AS Telah Dibebaskan dengan Jaminan
China: Dua Warga AS Telah Dibebaskan dengan Jaminan
A A A
BEIJING - China menuturkan, dua warga Amerika Serikat (AS) yang bekerja untuk China Horizons, yang ditangkap pada September lalu, saat ini telah dibebaskan dengan jaminan. Namun, Beijing menyebut persidangan keduanya atas tuduhan memindahkan orang secara ilegal melintasi perbatasan negara, masih akan tetap digelar.

"Alyssa Peterson dan Jacob Harlan, yang bekerja untuk perusahaan pendidikan China Horizons yang berbasis di AS, ditahan di timur China akhir bulan lalu dan telah melakukan kontak dengan para pejabat AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang.

Geng tidak memiliki rincian mengenai kasus itu, tetapi mengatakan pejabat keamanan publik telah menahan pasangan itu sesuai dengan hukum. Beijing, papar Geng. China Horizons langsung memberitahu pihak AS tidak lama setelah keduanya ditangkap.

China Horizons sebelumnya mengatakan, keduanya didakwa atas kejahatan palsu dan keluarga mereka sedang berusaha untuk menemukan pengacara internasional untuk membantu mereka kembali ke AS.

Penangkapan dan deportasi warga asing yang bekerja di bidang pendidikan telah meningkat tajam di China selama setahun terakhir, di tengah kampanye skala besar untuk membersihkan sistem pendidikan negara dan mempromosikan nilai-nilai pendidikan patriotik.

Sekolah-sekolah di China mengatakan bahwa di bawah tindakan keras pihak berwenang telah meningkatkan pengawasan dokumentasi visa. Di China, orang asing diharuskan memiliki gelar sarjana untuk mendapatkan visa kerja, meskipun aturan itu tidak ditegakkan secara luas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5087 seconds (0.1#10.140)