5 Fakta Menarik Paus Fransiskus, Pertama dari Luar Eropa sejak 1.200 Tahun Terakhir

Selasa, 03 September 2024 - 19:01 WIB
loading...
A A A
Selain itu, pemilik nama asli Jorge Mario Bergoglio ini juga pernah menjadi pengajar. Selain bidang lulusannya, dia turut mengajar sastra dan psikologi di tingkat perguruan tinggi sebelum diangkat menjadi uskup.

3. Penggemar Sepak Bola


Terlepas dari statusnya, Paus Fransiskus merupakan penggemar berat sepak bola. Dia bahkan memiliki klub andalan yang disukai.

Klub favorit Paus Fransiskus adalah San Lorenzo dari negara asalnya, Argentina. Selama bertahun-tahun dalam jabatannya, dia juga sudah sering bertemu para pesepak bola terkenal dunia.

4. Hanya Memiliki Satu Paru-paru


Saat remaja, Paus Fransiskus menderita infeksi pernapasan serius. Kondisi tersebut membuatnya terpaksa menjalani operasi pengangkatan paru-paru.

Meski begitu, keterbatasan itu tidak menghalanginya untuk menjalani kehidupan yang aktif dan produktif.

Hidup dengan satu paru-paru telah membentuk perspektif Paus Fransiskus tentang kesehatan dan ketahanan manusia, sehingga dirinya sering berbicara tentang pentingnya merawat tubuh serta mendorong gaya hidup sehat.

5. Paus Pertama yang ke Indonesia dalam 35 Tahun Terakhir


Sebelum Paus Fransiskus, Indonesia pernah dikunjungi beberapa pemimpin tertinggi Gereja Katolik lain. Di antaranya adalah Paus Paulus VI pada 1970.

Lalu, kunjungan terakhir terjadi pada 1989 ketika Gereja Katolik Roma dipimpin oleh Paus Yohanes Paulus II. Artinya, momen tersebut sudah berlalu sekitar 35 tahun yang lalu.

Itulah sejumlah fakta menarik dari Paus Fransiskus yang bakal berkunjung ke Indonesia.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1299 seconds (0.1#10.140)