5 Fakta Menarik Paus Fransiskus, Pertama dari Luar Eropa sejak 1.200 Tahun Terakhir

Selasa, 03 September 2024 - 19:01 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Paus...
Paus Fransiskus disambut Menteri Agama Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta, Selasa, 3 September 2024. Foto/AP/Gregorio Borgia
A A A
JAKARTA - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, tiba di Indonesia hari ini, Selasa (3/9/2024). Kunjungannya ini menjadi bagian dalam rangkaian perjalanan apostolik ke-45 di Asia Pasifik.

Melihat jadwalnya, Paus Fransiskus bakal berada di Jakarta dari 3-6 September 2024. Selama lawatannya, dia akan berkunjung ke beberapa tempat seperti Istana Kepresidenan, Kedutaan Besar Vatikan, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal hingga Kantor KWI (Konferensi Waligereja Indonesia).

Sebagai informasi, Paus Fransiskus terpilih menjadi paus ke-226 Gereja Katolik pada 13 Maret 2013 lalu. Dipilih setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI.

Paus Fransiskus membawa perubahan ke Vatikan termasuk fokusnya pada kesederhanaan, kerendahan hati, dan pembaruan.

Fakta Menarik Paus Fransiskus

1. Serba Pertama


Paus Fransiskus menyandang banyak atribut sebagai “yang pertama” dalam posisinya saat ini. Tercatat, dia adalah paus pertama dari luar Eropa dalam 1200-an tahun terakhir.

Melihat ke belakang, Paus non Eropa sebelumnya adalah Gregorius III yang lahir di wilayah Suriah modern. Dia terpilih pada 731 dan menjabat sampai 741.

Selain itu, Paus Fransiskus juga menjadi serba pertama dari sejumlah aspek lain. Sebut saja pertama dari benua Amerika Latin, pertama dari Argentina, pertama dari Ordo Serikat Jesus hingga pertama yang mengenakan nama Fransiskus.

2. Punya Riwayat Pendidikan yang Mentereng


Para Jesuit dikenal dengan riwayat mereka di bidang pendidikan. Hal ini termasuk bagi Paus Fransiskus.

Mengutip The Week, sebelum bergabung dengan ordo tersebut, Paus Fransiskus memperoleh gelar master di bidang kimia. Setelah masuk, dia memperoleh gelar di bidang filsafat dan teologi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)