Misteri Jatuhnya F-16 Ukraina, Ditembak Rudal Rusia atau Misil Patriot AS?

Senin, 02 September 2024 - 09:07 WIB
loading...
Misteri Jatuhnya F-16...
Penyebab jatuhnya jet tempur F-16 pertama Ukraina masih misteri. Ada kemungkinan ditembak jatuh rudal Rusia atau mungkin ditembak oleh sistem rudal Patriot buatan AS. Foto/AP Photo/Efrem Lukatsky
A A A
KYIV - Jet tempur F-16 pertama Ukraina pasokan Barat jatuh dan hancur minggu lalu, menewaskan pilot terbaiknya; Oleksey Mes.

Namun Kyiv belum mengungkap penyebab resmi insiden tersebut, memicu spekulasi bahwa pesawat buatan Amerika Serikat (AS) itu mungkin ditembak jatuh oleh rudal Rusia atau mungkin akibat insiden "friendly fire" oleh sistem rudal Patriot buatan AS.

Jet tempur itu jatuh Senin lalu, dan Kyiv tidak mengakui kerugian tersebut hingga Kamis, dan hanya menyatakan bahwa insiden itu sedang diselidiki.

Anggota Parlemen Ukraina Mariana Bezuhla mengeklaim bahwa Mes telah ditembak jatuh oleh sistem rudal Patriot sumbangan Barat untuk Ukraina.



Setelah insiden itu, Presiden Volodymyr Zelensky memecat Kepala Angkatan Udara Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk tanpa penjelasan.

Seorang pejabat Barat yang tidak disebutkan namanya, yang diduga telah diberi pengarahan tentang penyelidikan awal, mengatakan kepada New York Times bahwa ada indikasi jet tempur itu mungkin telah ditembak jatuh sistem rudal Patriot dalam insiden "friendly fire".

Namun, dalam pembalikan pada hari Sabtu, dua pejabat senior militer AS mengatakan kepada surat kabar itu bahwa penyebab jatuhnya F-16 mungkin bukan insiden friendly fire.

Sumber-sumber tersebut menambahkan bahwa penyelidik Amerika dan Ukraina sedang menyelidiki kemungkinan lain, seperti kegagalan mekanis atau kesalahan pilot.

Ketika ditanya pada hari Kamis apakah ada kemungkinan F-16 ini ditembak jatuh oleh insiden friendly fire sistem rudal Patriot Ukraina, Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh menjawab: "Amerika Serikat belum diminta untuk berpartisipasi dalam penyelidikan apa pun atas insiden ini."
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)