Bungkam Suara Anti-Israel, Polisi Inggris Tangkap Pendiri Jaringan Pro-Palestina

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 21:25 WIB
loading...
Bungkam Suara Anti-Israel,...
Richard Barnard sebagai pendiri jejaring Palestina ditangkap polisi Inggris. Foto/AP
A A A
LONDON - Polisi Inggris telah menangkap salah satu pendiri jaringan protes pro-Palestina, bersama dengan beberapa aktivis lainnya, dalam apa yang dipandang sebagai tindakan keras terhadap suara-suara anti-Israel di seluruh negeri.

Richard Barnard, salah satu pendiri Palestine Action, ditangkap atas tuduhan melanggar Undang-Undang Terorisme Inggris setelah serangkaian pidato yang mendukung gerakan perlawanan Palestina Hamas di kota Manchester dan Bradford.

Barnard, yang akan hadir di pengadilan magistrat pada tanggal 18 September, menghadapi tuduhan yang diduga termasuk "menyampaikan pendapat yang mendukung organisasi terlarang yang bertentangan dengan pasal 12 Undang-Undang Terorisme tahun 2000."

Pria berusia 41 tahun itu juga telah didakwa dengan tuduhan "mendorong atau bermaksud mendorong kerusakan kriminal." Dakwaan tersebut, seperti yang diklaim media Inggris, terkait dengan protes yang diadakan pada tanggal 8 Oktober tahun lalu, satu hari setelah serangan mendadak oleh kelompok perlawanan yang dipimpin Hamas di wilayah yang diduduki sebagai balasan atas kekejaman Israel selama puluhan tahun di Gaza, dan protes lain di Bradford pada tanggal 11 Oktober.

Pada hari yang sama, polisi antiterorisme Inggris menggerebek rumah aktivis Palestine Action lainnya, yang sebelumnya telah ditangkap. Enam aktivis juga ditangkap pada tanggal 6 Agustus. "Negara tersebut mengganggu Palestine Action, dalam upaya untuk melindungi perdagangan senjata Israel. Kami tidak akan terintimidasi untuk membiarkan genosida terjadi,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

Polisi menangkap seorang aktivis pro-Palestina lainnya, Sarah Wilkinson, di rumahnya pada hari Kamis, sementara putranya mengatakan 12 petugas polisi menggerebek rumah tersebut pada pagi hari dan menangkap Wilkinson atas “konten yang telah ia posting secara daring.”



Wilkinson telah menjadi pendukung vokal perjuangan Palestina di media sosial dan bekerja untuk organisasi berita MENA Uncensored.

Polisi baru-baru ini menahan jurnalis dan aktivis lain di seluruh Inggris atas advokasi mereka terhadap Palestina.

Melansir Press TV, Richard Medhurst, seorang jurnalis yang juga telah mengadopsi garis pro-Palestina, mengatakan awal bulan ini bahwa ia telah ditangkap di Bandara Heathrow London berdasarkan Undang-Undang Terorisme.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)