Terungkap, Israel Ingin Membersihkan Etnis Palestina di Tepi Barat dan Gaza

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 19:40 WIB
loading...
Terungkap, Israel Ingin...
Israel ingin membersihkan etnis Palestina di Tepi Barat. Foto/AP
A A A
GAZA - Mohamad Elmasry, profesor dalam program studi media di Institut Studi Pascasarjana Doha, Qatar, mengatakan serangan Israel yang terus berlanjut di Tepi Barat yang diduduki telah direncanakan sebelum 7 Oktober.

"Rencana Israel melibatkan pencaplokan tanah Palestina, yang pada akhirnya menyingkirkan penduduk Palestina dan membersihkan etnis di Tepi Barat dan Gaza," katanya kepada Al Jazeera. "Dari sudut pandang Israel, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berperang dengan Tepi Barat karena orang-orang agak terganggu oleh apa yang terjadi di Gaza."

Elmasry menambahkan bahwa Israel telah menjadi lebih berani karena kurangnya respons dari AS atas perang yang sedang berlangsung di Gaza.

"Jadi jika mereka bisa lolos di sana, mengapa [Israel] tidak melakukannya di Tepi Barat?" kata Elmasry.



Sementara itu, Mustafa Barghouti, sekretaris jenderal Inisiatif Nasional Palestina, telah mengutuk serangan massal Israel di Tepi Barat yang diduduki sebagai langkah strategis untuk memperluas kendali atas wilayah tersebut dan menggusur lebih banyak warga Palestina.

"Tujuan Israel adalah untuk menghancurkan segala bentuk perlawanan terhadap rencana politik mereka," kata Barghouti kepada Al Jazeera. "Dan rencana politik mereka tidak lain adalah perluasan permukiman di seluruh Tepi Barat, aneksasi Tepi Barat... dan penghancuran segala bentuk otoritas Palestina."

Pada dasarnya, tambah Barghouti, Israel melancarkan perang terhadap orang-orang yang diduduki, yang merupakan pelanggaran hukum internasional dan merupakan "pergeseran fasis".

"Mengapa mereka [otoritas Israel] melakukannya sekarang?" kata Barghouti. "Karena mereka melihat reaksi lemah dari komunitas internasional terhadap kekejaman, genosida di Gaza," yang membuat mereka berani bertindak keras di Tepi Barat.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)