Rusia Ungkap Bukti Tentara Bayaran Kolombia di Pasukan Ukraina

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 16:30 WIB
loading...
Rusia Ungkap Bukti Tentara...
Rusia menunjukkan bukti tentara bayaran Kolombia yang berperang untuk membela Ukraina. Foto/fsb rusia
A A A
MOSKOW - Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) menerbitkan bukti terhadap dua warga negara Kolombia, yang ditangkap pekan ini karena diduga bertugas sebagai tentara bayaran untuk membela Ukraina.

Pada Rabu (28/8/2024), pengadilan Lefortovo di Moskow memerintahkan penahanan Alexander Ante, 47 tahun, dan Jose Aron Medina Aranda, 36 tahun, sambil menunggu persidangan.

Mereka menghadapi hukuman hingga 15 tahun penjara, jika terbukti bersalah.



FSB merilis video yang menampilkan kedua tersangka dan bukti lain dari dugaan pelanggaran mereka, termasuk foto-foto mereka yang mengenakan seragam militer Ukraina dan dokumen yang mengidentifikasi mereka sebagai anggota dinas militer.

“Keduanya adalah bagian dari batalion Carpathian Sich, atau dikenal sebagai Batalyon Infanteri ke-49 Angkatan Bersenjata Ukraina,” ungkap pernyataan FSB.

Unit tersebut adalah reinkarnasi dari pasukan nasionalis Ukraina yang dibentuk pada tahun 2014 oleh Oleg Kutsyn dari Partai Svoboda yang berhaluan kanan.

Menurut media Kolombia, kedua pria tersebut memiliki latar belakang militer. Mereka dilaporkan ditangkap pada pertengahan Juli di Caracas, Venezuela, saat mereka kembali ke negara asal mereka dari Polandia.

Diketahui bahwa warga Venezuela tersebut melihat lambang militer Ukraina yang dikenakan oleh para penumpang.

Awal pekan ini, diplomat Rusia Rodion Miroshnik, yang mengepalai misi khusus di Kementerian Luar Negeri yang menyelidiki dugaan kejahatan perang Ukraina, mengklaim Moskow telah mengidentifikasi lebih dari 4.000 tentara bayaran yang telah mengambil bagian dalam konflik di pihak Kiev.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)