Swedia Bakal Adili 2 Pria Pembakar Al-Quran, Semuanya Pengungsi Irak

Kamis, 29 Agustus 2024 - 08:47 WIB
loading...
Swedia Bakal Adili 2...
Dua pengungsi Irak, Salwan Momika dan Salwan Najem, akan diadili di pengadilan Swedia atas serangkaian pembakaran Al-Quran. Foto/via Middle East Online
A A A
STOCKHOLM - Jaksa Swedia mengatakan bahwa mereka akan mengadili dua pria karena membakar Al-Quran dalam serangkaian insiden tahun lalu. Keduanya adalah pengungsi asal Irak, Salwan Momika dan Salwan Najem.

Tindakan duo Salwan itu telah memicu kemarahan di dunia Muslim dan menimbulkan kekhawatiran akan serangan kelompok milisi terhadap Swedia.

"Kedua pria ini melakukan pelanggaran agitasi terhadap kelompok etnis atau nasional pada empat kesempatan terpisah saat membakar kitab suci Islam di luar masjid dan di tempat umum lainnya," kata Otoritas Kejaksaan Swedia dalam sebuah pernyataan pada Rabu, sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (29/8/2024).



Badan keamanan dalam negeri Swedia menaikkan tingkat kewaspadaan terorisme sebagai akibat dari pembakaran Al-Quran tersebut. Sedangkan negara tetangga; Denmark—yang juga menjadi tempat serangkaian pembakaran Al-Quran—memperketat undang-undangnya untuk melarang praktik tersebut.

"Kedua pria itu dituntut karena pada empat kesempatan tersebut telah membuat pernyataan dan memperlakukan Al-Quran dengan cara yang dimaksudkan untuk mengekspresikan penghinaan terhadap umat Islam karena keyakinan mereka," kata Jaksa Senior Anna Hankkio dalam sebuah pernyataan.

Banyak umat Islam memandang penistaan terhadap Al-Quran sebagai pelanggaran berat.

Menurut Hankkio, bukti terhadap duo Salwan, sebagian besar terdiri dari rekaman video.

Salwan Najem membantah melakukan kesalahan, kata pengacaranya; Mark Safaryan, kepada Reuters.

"Izin yang diberikan sehubungan dengan demonstrasi tersebut tercakup dalam maksud klien saya. Hak-haknya dilindungi oleh konstitusi Swedia," kata Safaryan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)