Mengapa Hidden Haditha Menjadi Kejahatan Perang Paling Mengerikan yang Dilakukan Marinir AS?

Rabu, 28 Agustus 2024 - 19:55 WIB
loading...
Mengapa Hidden Haditha...
The New Yorker mengungkap foto-foto Hidden Haditha menjadi kejahatan perang paling mengerikan yang dilakukan Marinir AS. Foto/The New Yorker
A A A
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) berupaya selama bertahun-tahun untuk menyembunyikan foto-foto mengerikan dari pembantaian Haditha di Irak, tempat Marinir membunuh 24 warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Namun, kebenaran kini terungkap, The New Yorker mengungkapkan gambar-gambar Hidden Haditha, pembantaian yang telah lama disembunyikan. Sebagian foto itu sebagian besar tidak terlihat jelas. Tapi, itu menggambarkan akibat dari salah satu kejahatan perang paling signifikan dalam sejarah AS modern.

Mengapa Hidden Haditha Menjadi Kejahatan Perang Paling Mengerikan yang Dilakukan Marinir AS?

1. Berawal dari Operasi Balas Dendam yang Salah Sasaran

Semuanya berawal pada tanggal 19 November 2005, sebuah konvoi Marinir AS sedang melakukan perjalanan melalui Haditha, Irak, ketika sebuah ledakan I.E.D. menewaskan Kopral Miguel Terrazas dan melukai dua orang lainnya.

Sebagai tanggapan, Marinir melancarkan operasi balasan, menewaskan 24 warga sipil Irak. Di antara para korban terdapat pria, wanita, dan anak-anak, yang termuda adalah seorang gadis berusia tiga tahun dan yang tertua adalah seorang pria berusia tujuh puluh enam tahun. Meskipun ada klaim bahwa mereka sedang melawan pemberontak, semua yang tewas adalah warga sipil.

Beberapa jam setelah pembunuhan tersebut, dua Marinir, Kopral Dua Ryan Briones dan Kopral Dua Andrew Wright, mendokumentasikan kejadian tersebut dengan Briones menggunakan kamera digital Olympus miliknya dan Wright menandai tubuh-tubuh dengan spidol Sharpie merah.

Mengapa Hidden Haditha Menjadi Kejahatan Perang Paling Mengerikan yang Dilakukan Marinir AS?

Foto/The New Yorker

Marinir lainnya, termasuk satu orang dari intelijen, juga memotret akibatnya. Gambar-gambar ini menjadi bukti penting dalam penyelidikan atas apa yang kemudian disebut pembantaian Haditha, menurut majalah Amerika tersebut.

Meskipun empat Marinir didakwa atas pembunuhan, dakwaan tersebut dibatalkan. Jenderal James Mattis, yang kemudian menjadi Menteri Pertahanan, membatalkan dakwaan terhadap seorang Marinir, menyatakannya tidak bersalah.

Pada tahun 2012, kasus terakhir berakhir dengan kesepakatan pembelaan yang tidak menghasilkan hukuman penjara. Perang Irak telah berakhir, dan cerita-cerita tentang kejahatan perang AS mulai memudar dari perhatian publik.

2. Lebih Parah Dibandingkan Abu Ghraib

Berdasarkan laporan The New Yorker, dampak kejahatan perang sering kali membesar ketika gambar-gambar grafis sampai ke masyarakat. Namun, tidak seperti foto-foto Abu Ghraib yang terkenal, gambar-gambar dari Haditha sebagian besar tetap tersembunyi.

Jenderal Michael Hagee, komandan Korps Marinir saat itu, kemudian membanggakan dalam sebuah wawancara sejarah lisan tahun 2014 bahwa foto-foto Haditha tidak pernah dirilis. "Foto-foto itu sampai sekarang masih belum terlihat. Jadi, saya cukup bangga akan hal itu," kata Hagee.

Pada tahun 2020, sebuah tim dari podcast In the Dark mengajukan permintaan Undang-Undang Kebebasan Informasi (FOIA) kepada Angkatan Laut untuk mendapatkan foto-foto Haditha, yang bertujuan untuk merekonstruksi apa yang terjadi dan mengapa tuduhan pembunuhan dibatalkan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)