Mohammad Bin Salman Bertemu Mahmoud Abbas, Apa Saja yang Dibahas?

Rabu, 28 Agustus 2024 - 19:30 WIB
loading...
Mohammad Bin Salman...
Mahmoud Abbas bertemu dengan Mohammed Bin Salman untuk mendiskusikan berbagai isu terkini. Foto/Anadolu
A A A
RIYADH - Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertemu pada Selasa (27/8/2024) untuk membahas situasi di Gaza.

Pertemuan tersebut berlangsung di ibu kota Saudi, Riyadh, tempat Abbas tiba pada Senin untuk kunjungan mendadak.

Mohammad Bin Salman Bertemu Mahmoud Abbas, Apa Saja yang Dibahas?

1. Menghentikan Agresi Israel

Mohammad Bin Salman Bertemu Mahmoud Abbas, Apa Saja yang Dibahas?

Foto/AP

Selama diskusi mereka, Abbas dan bin Salman meninjau perkembangan terbaru di wilayah Palestina yang diduduki dan kawasan tersebut. Mereka membahas upaya Palestina dan Arab untuk menghentikan agresi Israel yang sedang berlangsung terhadap rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat.

Presiden Abbas memperingatkan bahaya yang ditimbulkan oleh pernyataan dan tindakan Israel terkait tempat-tempat suci Islam dan Kristen, khususnya pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel sayap kanan Itamar Ben-Gvir tentang pembangunan sinagoge di Masjid Al-Aqsa, WAFA melaporkan.

2. Meminta Dukungan Saudi agar Abbas Bisa Berkunjung ke Gaza

Mohammad Bin Salman Bertemu Mahmoud Abbas, Apa Saja yang Dibahas?

Foto/AP

Abbas juga menyampaikan rencananya kepada putra mahkota untuk mengunjungi Gaza bersama para anggota pimpinan Palestina untuk “menghentikan genosida terhadap rakyat kami, memastikan penarikan pasukan pendudukan Israel dari seluruh Jalur Gaza, dan menegaskan bahwa Negara Palestina memiliki kedaulatan penuh atas semua tanah Palestina, termasuk Gaza dan Tepi Barat.”

Pada pertengahan Agustus, Abbas menyatakan di hadapan parlemen Turki niatnya untuk mengunjungi Gaza, mendesak Dewan Keamanan PBB dan masyarakat internasional untuk mendukung kunjungan tersebut.


3. Mendorong Pengakuan Palestina

Mohammad Bin Salman Bertemu Mahmoud Abbas, Apa Saja yang Dibahas?

Foto/AP

Menurut WAFA, kedua pemimpin tersebut juga menyoroti pentingnya tindakan politik oleh Komite Menteri yang diamanatkan oleh KTT Luar Biasa Arab-Islam dan diketuai oleh Arab Saudi untuk mengamankan pengakuan lebih lanjut atas Negara Palestina dan memperoleh keanggotaan penuh PBB.

Mohammed Bin Salman menegaskan kembali sikap teguh Arab Saudi dalam mendukung rakyat Palestina dan hak-hak mereka yang sah berdasarkan hukum internasional, kantor berita tersebut menambahkan.

Israel telah melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza menyusul serangan oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)