2 Drone Iran yang Disiapkan untuk Menyerang Wilayah Israel, Apa Saja?

Senin, 26 Agustus 2024 - 17:15 WIB
loading...
2 Drone Iran yang Disiapkan...
Shahed 136 merupakan drone milik Iran yang dipersiapkan untuk menyerang Israel. Foto/gta5-mods
A A A
TEHERAN - Ada sejumlah drone Iran yang dapat disiapkan untuk menyerang wilayah Israel. Salah satunya adalah drone kamikaze yang bisa langsung menghantam target.

Ketegangan Israel-Iran semakin mengkhawatirkan. Setelah insiden terbunuhnya bos Hamas di Teheran beberapa waktu lalu, publik menunggu serangan balasan yang kabarnya bakal dilakukan menuju Tel Aviv.

Jika nantinya Iran benar-benar melakukan serangan ke wilayah Israel, ada sederet jenis persenjataan yang dapat mereka pakai. Salah satunya berupa drone.

Sebagaimana diketahui, Iran memiliki beragam jenis drone dalam armada militernya. Berikut ini dua di antaranya yang bisa dijadikan kombinasi untuk menyerang wilayah Israel.

Drone Iran yang Disiapkan untuk Gempur Israel

1. Shahed-136

2 Drone Iran yang Disiapkan untuk Menyerang Wilayah Israel, Apa Saja?

Foto/gta5-mods

Shahed-136 merupakan drone kamikaze buatan Iran. Amunisi serang presisi ini dikembangkan Iran Aircraft Manufacturing Industrial Company (HESA) yang merupakan anak perusahaan Iran Aviation Industries Organization (IAIO).

Mengutip Army Technology, Senin (26/8/2024), Shahed-136 punya panjang 3,5 m, lebar 2,5 m serta berat 200 kg. Drone ini dirancang untuk membawa hingga 40 kg hulu ledak dan bisa dipasang atau diluncurkan dari truk militer.

Pada kemampuannya, Shahed-136 mampu mencapai kecepatan maksimum 185 km/jam. Sementara untuk jarak jangkaunya diklaim mencapai 2.500 km.

Sebelumnya, drone ini telah digunakan Iran untuk menyerang Israel pada pertengahan April 2024 lalu. Waktu itu, Teheran melancarkan rentetan serangan drone dan rudal sebagai tanggapan atas terbunuhnya 2 jenderalnya di Damaskus, Suriah.

Pada kapasitasnya sebagai drone kamikaze, Shahed-136 dapat meledak sendiri ketika menyerang. Para analis mengatakan bahwa drone ini relatif akurat, punya jangkauan jauh, serta harganya murah dibandingkan senjata sejenisnya.

Lebih jauh, drone bunuh diri ini telah digunakan oleh militer Iran sejak 2021. Selain itu, Rusia juga mengimpor Shahed-136 untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina dengan mengganti namanya menjadi Geran-2 atau Geranium-2.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)