WHO Wanti-wanti Negara yang Ingin Cabut Lockdown

Sabtu, 02 Mei 2020 - 03:47 WIB
loading...
A A A
Mengenai virus Corona baru yang pertama kali muncul akhir tahun lalu di kota Wuhan, China tengah, ia menegaskan bahwa para ilmuwan yang memeriksa urutan genetiknya telah meyakinkan WHO bahwa virus ini berasal dari alam.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus memberikan pembelaan yang kuat atas tindakannya dan WHO “tepat waktu” dalam menyatakan virus Corona baru sebagai darurat internasional pada akhir Januari.

"Deklarasi 30 Januari dibuat dalam waktu yang cukup bagi seluruh dunia untuk merespons karena pada tahap itu di luar China hanya ada 82 kasus infeksi dan tidak ada kematian," katanya.

Tedros mengatakan WHO, yang berusaha memimpin tanggapan global terhadap pandemi COVID-19, telah menggunakan hari-hari sebelum menyatakan darurat global sebagai waktu untuk mengunjungi China untuk mempelajari lebih lanjut tentang virus baru itu.

"Selama kunjungan itu, mereka juga memenangkan 'perjanjian awal' dengan China untuk mengirim penyelidik," kata Tedros.

Ditanya tentang hubungan dengan Amerika Serikat sebagai pendonor terbesar WHO yang telah menangguhkan pendanaan setelah mengkritik penanganan pandemi WHO, Tedros mengatakan: "Kami benar-benar berhubungan terus-menerus dan kami bekerja sama."

Meski begitu, Tedros tidak memberikan detail hubungan dan kerja sama yang dimaksud.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)