AS Ancam Israel, Blinken: Ini Kesempatan Terakhir untuk Genjata Senjata

Senin, 19 Agustus 2024 - 21:50 WIB
loading...
AS Ancam Israel, Blinken:...
AS mengancam Israel untuk mewujudkan gencatan senjata. Foto/AP
A A A
GAZA - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Senin bahwa sekaranglah saatnya untuk menyelesaikan perjanjian gencatan senjata Gaza yang akan memulangkan para sandera yang ditawan Hamas dan meringankan penderitaan Palestina setelah 10 bulan pertempuran yang menghancurkan di Gaza.

Misi mendesak kesembilan Blinken ke Timur Tengah sejak konflik dimulai terjadi beberapa hari setelah para mediator, termasuk Amerika Serikat, menyatakan optimisme baru bahwa kesepakatan sudah dekat. Namun Hamas telah menyatakan ketidakpuasan yang mendalam dengan usulan terbaru tersebut dan Israel mengatakan ada beberapa hal yang tidak ingin dikompromikan.

Kunjungan tersebut, beberapa hari menjelang perundingan baru yang diharapkan minggu ini di Mesir, dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa konflik tersebut dapat meluas menjadi perang regional yang lebih dalam menyusul pembunuhan komandan militan terkemuka di Lebanon yang menurut Iran dilakukan oleh Israel.

“Ini adalah momen yang menentukan, mungkin yang terbaik, mungkin yang terakhir, kesempatan untuk membawa pulang para sandera, untuk mencapai gencatan senjata dan menempatkan semua orang di jalur yang lebih baik menuju perdamaian dan keamanan yang langgeng,” kata Blinken saat membuka perundingan dengan Presiden Israel Isaac Herzog di Tel Aviv, dilansir AP.

“Ini juga saatnya untuk memastikan bahwa tidak seorang pun mengambil langkah apa pun yang dapat menggagalkan proses ini,” katanya dengan merujuk secara terselubung ke Iran.

“Jadi, kami berupaya untuk memastikan bahwa tidak ada eskalasi, tidak ada provokasi, tidak ada tindakan yang dengan cara apa pun menjauhkan kita dari penyelesaian kesepakatan ini, atau dalam hal ini, meningkatkan konflik ke tempat lain dan ke intensitas yang lebih besar.”

Herzog berterima kasih kepada Blinken atas dukungan pemerintahan Biden untuk Israel dan menyesalkan serangkaian serangan baru-baru ini terhadap warga Israel dalam 24 jam terakhir.

“Beginilah cara kita hidup akhir-akhir ini,” kata Herzog. “Kita dikelilingi oleh terorisme dari keempat penjuru bumi dan kita melawan balik sebagai bangsa yang tangguh dan kuat.”

Para mediator akan bertemu lagi minggu ini di Kairo untuk mencoba memperkuat gencatan senjata. Blinken akan melakukan perjalanan ke Mesir pada hari Selasa setelah ia menyelesaikan kunjungannya ke Israel.

Ia bertemu langsung dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu selama 2,5 jam pada hari Senin dan akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Yoav Gallant di kemudian hari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)