Promosikan Normalisasi Hubungan Israel-Arab, Menlu AS Sambangi Sudan

Selasa, 25 Agustus 2020 - 19:42 WIB
loading...
A A A
Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan lebih dari 9,6 juta orang - hampir seperempat populasi Sudan - menderita kerawanan pangan yang parah.

"Mereka sangat ingin agar sanksi AS dicabut dan mereka berada di bawah pengaruh besar UEA," kata Cinzia Bianco, seorang penyelidik di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri.

Sementara Bashir diadili atas kudeta yang didukung Islamis yang membawanya ke tampuk kekuasaan lebih dari tiga dekade lalu, pemerintah transisi baru di Khartoum berusaha keras untuk menjauhkan diri dari warisannya.

Pada prinsipnya telah disepakati untuk menyerahkan Bashir ke Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag atas perannya dalam konflik Darfur atas tuduhan genosida, kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Konflik pecah di wilayah Darfur pada tahun 2003 ketika pemberontak etnis minoritas melancarkan pemberontakan melawan pemerintah, dengan alasan marginalisasi dan diskriminasi.

Khartoum menanggapi dengan melepaskan milisi Janjaweed yang ditakuti, terutama yang direkrut dari suku-suku penggembala Arab, dalam kampanye bumi hangus yang menewaskan 300.000 orang dan membuat 2,5 juta orang mengungsi.

Hamdok telah membuat kesepakatan damai dengan kelompok pemberontak menjadi prioritas, untuk membawa stabilitas ke daerah bergolak yang juga termasuk Nil Biru dan Kordofan Selatan.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)