alexametrics

Afghanistan Terus Lanjutkan Upaya Damai dengan Taliban

loading...
Afghanistan Terus Lanjutkan Upaya Damai dengan Taliban
Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan, berbeda dengan Amerika Serikat (AS), Kabul akan terus mendorong upaya damai dengan Taliban. Foto/Reuters
A+ A-
KABUL - Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani mengatakan, berbeda dengan Amerika Serikat (AS), Kabul akan terus mendorong upaya damai dengan Taliban. Sebelumnya, Presiden AS, Donald Trump telah menyatakan bahwa pembicaraan damai AS-Taliban telah mati.

"Jalan kami jelas, kami telah memilih jalur perdamaian, perdamaian abadi. Kami tidak mundur, negara ini menginginkan perdamaian dan kami percaya pada perdamaian, dalam proses perdamaian yang dimiliki Afghanistan," ucap Ghani dalam sebuah pernyataan.

Ghani, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (10/9), kemudian mengatakan keyakinannya pada keberhasilan pasukan Afghanistan dalam perang melawan kelompok terorisme yang bercokol di negaranya.



Sebelumnya diwartakan, Trump mengatakan bahwa dia telah memutuskan untuk mengakhiri pembicaraan damai dengan Taliban. Trump menyebut, keputusan ini diambil setelah kelompok Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan turut seorang tentara AS.




"Itu (pembicaraan) telah mati, telah mati sejauh yang saya ketahui, mereka sudah mati. Ketika saya mendengar dengan sangat sederhana bahwa mereka membunuh satu dari tentara kita dan 12 orang tidak bersalah lainnya, saya berkata tidak mungkin saya bertemu berdasarkan itu. Tidak mungkin saya bertemu. Mereka melakukan kesalahan," ucap Trump.

AS dan Taliban sejatinya sudah menyepakati draft kesepakatan damai, yang bisa menghentikan perang 18 tahun antara kedua pihak. Draft kesepakatan itu disepakati dalam putaran kesembilan pembicaraan damai antara kedua belah di Doha, Qatar beberapa waktu lalu.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak