Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Minggu, 18 Agustus 2024 - 17:45 WIB
loading...
Ribuan Aktivis Pro-Palestina...
Konvensi Partai Demokrat akan diramaikan aktivis pro-Palestina. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Ribuan aktivis diperkirakan akan berkumpul di Chicago, Amerika Serikat , untuk Konvensi Nasional Demokrat, dengan harapan untuk menarik perhatian pada hak aborsi, ketidakadilan ekonomi, dan perang di Gaza.

Sementara Wakil Presiden Kamala Harris telah membangkitkan semangat para pendukungnya saat ia bersiap menerima nominasi Demokrat, para aktivis progresif mempertahankan misi mereka tetap sama.

Para aktivis mengatakan bahwa mereka belajar dari Konvensi Nasional Republik bulan lalu di Milwaukee dan memperkirakan akan ada lebih banyak orang dan demonstrasi yang lebih kuat di Chicago, sebuah kota dengan akar aktivisme sosial yang kuat.

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

1. Aktivis Pro-Palestina SiapBeraksi

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Melansir AP, demonstrasi diperkirakan terjadi setiap hari selama konvensi dan, meskipun agenda mereka beragam, banyak aktivis setuju bahwa gencatan senjata segera dalam perang Israel-Hamas adalah prioritas.

Acara akan dimulai pada hari Minggu menjelang konvensi dengan pawai hak aborsi di sepanjang Michigan Avenue yang ikonik.

Penyelenggara acara Linda Loew mengatakan meskipun Demokrat telah mendorong untuk melindungi hak reproduksi di dalam negeri, isu ini bersifat internasional. Mereka akan berbaris dalam solidaritas dengan orang-orang di mana saja yang berjuang untuk hak untuk mengendalikan apa yang terjadi pada tubuh mereka, serta untuk memprotes uang yang dikeluarkan AS untuk mendukung perang yang dapat digunakan untuk perawatan kesehatan, katanya.

“Kami percaya bahwa miliaran dolar yang terus mengalir ke negara Israel dan aliran senjata memiliki dampak yang luar biasa dan mengerikan, tetapi khususnya pada wanita, anak-anak, dan bayi yang belum lahir,” katanya. “Semua hal ini saling terkait.”

2. 20.000 Aktivis Ikut Berdemonstrasi

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Melansir AP, kelompok terbesar, Koalisi untuk Berbaris di DNC, telah merencanakan demonstrasi pada hari pertama dan terakhir konvensi.

Penyelenggara mengatakan mereka memperkirakan setidaknya 20.000 aktivis, termasuk mahasiswa yang memprotes perang di kampus-kampus.

"Orang-orang yang berkuasa akan hadir di sana," kata Liz Rathburn, seorang penyelenggara mahasiswa Universitas Illinois Chicago. “Orang-orang di dalam United Center adalah orang-orang yang akan memutuskan kebijakan luar negeri kita dengan satu atau lain cara."

3. Berunjuk Rasa Dilaksanakan di Tempat Terbatas

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Para aktivis menggugat kota tersebut awal tahun ini, dengan mengatakan pembatasan tempat mereka dapat berdemonstrasi melanggar hak konstitusional mereka.

Para pemimpin Chicago menolak permintaan izin untuk berunjuk rasa di dekat United Center di Sisi Barat kota, tempat konvensi berlangsung, dan menawarkan taman tepi danau yang berjarak lebih dari 3 mil (5 kilometer) jauhnya.

Kemudian, kota tersebut setuju untuk mengizinkan demonstrasi di taman dan rute pawai yang lebih dekat ke United Center. Seorang hakim federal baru-baru ini menyetujui rute sekitar 1 mil (1,6 kilometer) bagi kelompok tersebut.

Juru bicara Koalisi untuk Berbaris di DNC Hatem Abudayyeh mengatakan kelompok tersebut senang karena mereka memenangkan hak untuk berunjuk rasa lebih dekat ke konvensi, tetapi ia yakin pawai sejauh 2 mil (3 kilometer) yang mereka inginkan akan lebih aman untuk kerumunan yang lebih besar. Kelompok tersebut menyewa bus untuk para aktivis dari sekitar setengah lusin negara bagian.

"Kami akan terus maju, dengan kecepatan penuh," katanya.

Kota ini telah menetapkan sebuah taman sekitar satu blok dari United Center untuk panggung pembicara. Mereka yang mendaftar akan mendapatkan waktu 45 menit.


4. Kelompok Pro-Keadilan Sosial Juga Ikut Beraksi

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Poor People’s Army yang berbasis di Philadelphia, yang mengadvokasi keadilan ekonomi, berencana untuk mendirikan stan di Humboldt Park di Sisi Barat Laut kota dan akan menyelenggarakan acara dengan kandidat pihak ketiga Jill Stein dan Cornel West, ditambah pawai sejauh 3 mil (5 kilometer) pada hari Senin ke United Center.

Beberapa anggota kelompok telah menghabiskan beberapa minggu terakhir dengan berbaris sejauh lebih dari 80 mil (130 kilometer) dari Milwaukee, tempat mereka berunjuk rasa selama konvensi Partai Republik.

"Orang miskin dan tunawisma dianiaya, dengan tenda dan perkemahan dihancurkan dan dibuldoser, dari San Francisco ke Philadelphia hingga Gaza dan Tepi Barat," kata juru bicara Cheri Honkala dalam sebuah pernyataan saat kelompok tersebut mencapai Illinois. "Pelanggaran hak asasi manusia yang dapat dicegah ini dilakukan oleh para pemimpin Demokrat dan Republik."

5. Aktivisi Skeptis terhadap Kamala Harris

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Banyak aktivis percaya tidak banyak yang akan berubah karena Harris adalah bagian dari pemerintahan Biden.

“Tuntutan tidak berubah. Saya tidak melihat adanya perubahan kebijakan,” kata Erica Bentley, seorang aktivis dari Mamas Activating Movements for Abolition and Solidarity. “Jika Anda akan berada di sini, Anda harus mendengarkan apa yang penting bagi kami.”

Demonstran pro-Palestina di Chicago terlihat jelas, menutup jalan menuju bandara dan melakukan aksi duduk di kantor kongres. Beberapa merencanakan konvensi satu hari mereka sendiri pada hari Minggu dengan kandidat pihak ketiga.

“Terlepas dari siapa pun calonnya, kami berbaris melawan Demokrat dan kebijakan kejam mereka yang telah memungkinkan Israel membunuh lebih dari 40.000 warga Palestina di Gaza,” kata Fayaani Aboma Mijana, seorang organisator dari Chicago Alliance Against Racist.

6. Aktivis Sayap Kanan Tidak Berunjuk Rasa

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Tidak jelas apakah konvensi tersebut akan menarik para ekstremis sayap kanan yang sangat mendukung mantan Presiden Donald Trump.

Wakil Agen Khusus Dinas Rahasia Derek Mayer mengatakan minggu lalu tidak ada ancaman keamanan khusus yang diketahui terhadap konvensi tersebut.

7. 50.000 Orang Ramaikan Chicago

Ribuan Aktivis Pro-Palestina Guncang Konvensi Partai Demokrat, Mengapa?

Foto/AP

Konvensi tersebut akan menarik sekitar 50.000 orang ke kota terbesar ketiga di negara itu, termasuk delegasi, aktivis, dan jurnalis.

Pemerintah kota mengatakan telah membuat persiapan yang diperlukan dengan polisi dan Dinas Rahasia. Keamanan akan diperketat, dengan penutupan jalan di sekitar pusat konvensi.

Untuk mengatasi masalah lalu lintas, para pemimpin kota menggembar-gemborkan stasiun kereta baru senilai $80 juta yang berjarak beberapa langkah dari United Center. Mereka juga telah mencoba mempercantik kota dengan menanam bunga segar dan rambu-rambu baru. Para pemimpin kota juga membersihkan perkemahan tunawisma di dekatnya.

Polisi telah menjalani pelatihan tentang kepolisian konstitusional, pengadilan daerah mengatakan mereka membuka lebih banyak ruang untuk mengantisipasi penangkapan massal dan rumah sakit di dekat zona keamanan meningkatkan kesiapsiagaan darurat.

Namun, beberapa pihak masih memiliki kekhawatiran tentang keselamatan, khawatir bahwa protes dapat menjadi tidak terduga atau berubah menjadi kekacauan.

“Kami akan memastikan bahwa hak Amandemen Pertama masyarakat dilindungi, bahwa mereka dapat melakukannya dengan cara yang aman," kata Wali Kota Brandon Johnson kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Aktivis Hy Thurman memprotes dan ditangkap di konvensi terkenal tahun 1968, yang paling diingat karena bentrokan brutal antara polisi dan pengunjuk rasa yang menentang Perang Vietnam. Pria berusia 74 tahun itu sekarang tinggal di Alabama tetapi berencana untuk datang ke Chicago untuk memprotes perang di Gaza.

“Ini sangat pribadi bagi saya," katanya. “Saya melihat persamaannya.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0896 seconds (0.1#10.140)