China Singkirkan Pejabat Uighur yang Dinilai Bermuka Dua

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 10:33 WIB
loading...
China Singkirkan Pejabat...
Cuplikan film dokumenter All Static and Noise tentang krisis Xinjiang. China dilaporkan telah menyingkirkan pejabat Uighur yang dinilai bermuka dua. Foto/YouTube/All Static and Noise
A A A
BEIJING - Tindakan keras terbaru China terhadap masyarakat Uighur di Xinjiang menargetkan pejabat yang dicap sebagai sosok "bermuka dua”. Lebih dari 70 warga yang jadi pejabat Uighur telah ditahan di Korla, kota terbesar kedua berdasarkan jumlah penduduk.

Para pejabat tersebut telah disingkirkan dalam apa yang dapat dilihat sebagai kelanjutan dari kampanye antikorupsi Presiden China Xi Jinping yang diperluas ke Xinjiang.

Operasi terbaru yang dimulai pada 15 Juli terhadap pejabat dalam sistem China disebut sebagai tindakan keras "kekuatan gelap" dan operasi “pembersihan” ini diterapkan kepada mereka yang tidak setia dan tidak mengikuti arahan Partai Komunis China (CCP).

Menurut laporan kantor berita Radio Free Asia (RFA) dan dikutip The Hong Kong Post pada Sabtu (17/8/2024), operasi ini merupakan bagian dari investigasi yang lebih besar dan pemenjaraan kepada mereka yang dianggap tidak setia kepada China dan CCP.



Sejauh ini, lebih dari 200 warga Uighur yang dianggap bermasalah telah diselidiki di kota Korla. Sungguh mengejutkan bahwa operasi saat ini dimulai pada tanggal yang sama ketika Sidang Pleno Ketiga Komite Sentral dimulai di Beijing, yang mengungkap beberapa perencanaan sebelumnya.

Selain dianggap tidak loyal, China juga menyelidiki beberapa pejabat Uighur mengenai apakah mereka menunjukkan simpati terhadap perjuangan Uighur dan hal-hal lain yang berhubungan dengan etnis tersebut.

Seorang petugas polisi mengatakan kepada RFA: "Sejak dimulainya tindakan keras terhadap 'kekuatan gelap’, lebih dari 200 tersangka telah diselidiki, [dan] 76 dari mereka ditetapkan bermuka dua."

Semua tindakan ini merupakan bagian dari upaya China untuk mengarusutamakan orang-orang Uighur ke arah budaya etnis Han, serta mengintensifkan kontrol ideologis atas Xinjiang.

Tindakan keras terbaru adalah salah satu dari banyak tindakan yang digunakan China untuk menekan apa yang dipandangnya sebagai "kekuatan separatis etnis”, "kekuatan teroris" dan "ekstremisme agama" di Xinjiang.

Sekadar untuk perspektif, perlu dicatat bahwa total populasi Xinjiang adalah sekitar 26 juta, yang 12 juta di antaranya adalah Uighur.

Kazakh, Hui, Kirgistan, Uighur, dan anggota kelompok etnis minoritas Muslim lainnya merupakan sekitar 15 juta di Xinjiang, atau sekitar 58% dari total populasi. Populasi yang tersisa sebagian besar merupakan orang Tionghoa Han (42%).


Kekuatan Gelap dan Jahat


Untuk memahami bagaimana China terus menekan Uighur, seseorang harus menonton film dokumenter baru oleh pembuat film Portugal David Novack berjudul "All Static and Noise" yang saat ini sedang diputar di Australia.



Film dokumenter tersebut mengungkap kisah-kisah dari dalam diri para penyintas dan keluarga mereka di kamp-kamp “pendidikan ulang” Uighur di China.

Apa yang kita lihat sekarang di Xinjiang adalah metode "pemeriksaan ulang" untuk "mengidentifikasi dan menghukum mereka yang tidak memenuhi tugas mereka di bidang-bidang utama”. Tindakan keras ini dimulai pada 14 Juli oleh kelompok kerja yang dikenal sebagai "Memerangi Kekuatan Gelap dan Jahat.”

Metode tersebut pertama kali digunakan oleh pihak berwenang pada tahun 2016 untuk membersihkan para penulis, seniman, dan peneliti Uighur dengan mengajukan pertanyaan tentang kesetiaan mereka kepada China. Intinya, pemeriksaan ulang berarti melihat kembali karya-karya Uighur di masa lalu dan mengidentifikasi hal-hal yang berpotensi dicap sebagai anti-negara.

Pembersihan pejabat Uighur di kota Korla terjadi di bawah keadaan darurat berkelanjutan yang berlaku sejak akhir tahun 2023. RFA melaporkan bahwa sementara "serangan terhadap kekuatan gelap dan jahat" di provinsi-provinsi China lainnya menargetkan geng dan penjahat, di Xinjiang, pihak berwenang setempat mengejar orang-orang Uighur di posisi politik dan pemerintahan, terutama kader-kader Uighur tingkat atas, pegawai negeri, dan anggota CPC.

Selama tindakan keras "kekuatan gelap" di Hotan, yang disebut Hetian dalam bahasa China, pihak berwenang menyelidiki dan menghukum kader-kader terkemuka Uighur yang dianggap "bermuka dua" karena diklaim melindungi "separatis nasional" dan "ekstremis agama”.

Di masa lalu, istilah “pendidikan ulang” digunakan untuk menggambarkan tindakan yang diambil oleh CCP terhadap Uighur di bawah kampanye Strike Hard di Xinjiang.

“Pemeriksaan ulang” sebelumnya juga menargetkan orang Uighur biasa dan mereka yang dipenjara karena apa yang disebut “ekstremisme agama” karena menjalankan ajaran agama Islam atau mempelajari Al-Qur’an.

Sebagian besar dasar akademis untuk mengungkap “kamp pendidikan ulang” di Xinjiang berasal dari karya Adrian Zenz, sarjana Austria. Namun, sebuah artikel tahun 2017 oleh Darren Byler, seorang antropolog yang melaporkan pidato seorang pejabat CCP tentang Xinjiang juga penting, karena menginspirasi film “All Static & Noise”.

Artikel Byler melaporkan bahwa pejabat CCP mengumpulkan ribuan mahasiswa dan fakultas di gimnasium Universitas Xinjiang untuk “menjelaskan” versi mereka tentang “Perang Global Melawan Teror”. Dalam pemaparan ini, mereka menggambarkan Uighur dan etnis minoritas lainnya di Xinjiang sebagai “teroris” yang bersalah atas “separatisme”.

Film Dokumenter Uighur


Pada acara tersebut, Sekretaris Partai Universitas Xinjiang, merujuk pada Uighur, menyatakan bahwa “semua gangguan dan kebisingan harus dihilangkan”. Ini adalah sumber judul film dokumenter David Novack.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah FilmInk, Novack berkata: "Tujuan film ini adalah untuk mengambil alih kembali bahasa ini, untuk memperkeras suara perlawanan dan menginspirasi massa untuk menantang kebencian yang ada di balik pidato yang berkobar ini."

Film Novack tersebut dilarang beredar di China. Bayangkan betapa paranoidnya China karena mereka melarang film dokumenter tersebut, bahkan sebelum versi finalnya dirilis ke publik.

Novack juga dibayangi dan dibuntuti oleh polisi dan intelijen China, ke mana pun dia pergi untuk mendokumentasikan kisahnya. Dia menambahkan bahwa timnya menghadapi kendala dalam mendistribusikan film tersebut, dengan mengatakan: "Saya tidak mungkin menjual film ini ke Netflix karena platform streaming OTT tersebut menyiarkan atau streaming di China.”

Sifat negara China yang sangat invasif terbukti jelas di Xinjiang, tempat para penguasa terus menggunakan alat yang dimilikinya untuk menganiaya orang-orang Uighur. Hal ini membuat semakin sulit untuk mendeteksi dan melaporkan penganiayaan terhadap orang Uighur.

CCP ingin menghapus identitas dan budaya orang Uighur dan dengan tujuan inilah mereka melakukan kampanye pendidikan ulang.

Dengan masih berkuasanya Xi Jinping, tampaknya Xinjiang akan memberikan rasionalisasi untuk mendeklarasikan kondisi “normal baru” dalam penanganan etnis minoritas di China. Itu tampaknya menjadi tujuan dari upaya terbaru China untuk membersihkan pejabat Uighur.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0921 seconds (0.1#10.140)