Taliban Rayakan 3 Tahun Hengkangnya Pasukan AS dari Afghanistan, Pamer Senjata Amerika

Kamis, 15 Agustus 2024 - 10:33 WIB
loading...
A A A
"Yang saya yakini dari mereka adalah keinginan mereka untuk mempertahankan kendali di Afghanistan, untuk menegakkan keinginan mereka, untuk memberlakukan Syariah pada rakyatnya," katanya.

"Anda tidak dapat meragukan mereka dalam hal itu."

Roggio mengatakan parade Taliban pada hari Rabu terutama untuk pencitraan tetapi tetap menunjukkan kemampuan kelompok tersebut.

"Saya tidak berpikir Taliban merupakan ancaman untuk memproyeksikan kekuatan di luar perbatasannya. Namun, peralatan itu tentu berguna untuk memproyeksikan kekuatan di Afghanistan agar tetap berkuasa," katanya.

Meskipun Taliban secara megah menunjukkan kemampuan mereka pada hari Rabu, tidak disebutkan rencana untuk meningkatkan kehidupan rakyat Afghanistan.

Konflik dan ketidakstabilan selama puluhan tahun telah menyebabkan jutaan warga Afghanistan berada di ambang kelaparan dan kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

Tingkat pengangguran juga tinggi dan perempuan dilarang bersekolah di atas kelas enam.

Parade Bagram adalah parade Taliban yang paling megah dan paling menantang sejak merebut kembali kendali negara itu pada Agustus 2021.

Penonton yang berjumlah sekitar 10.000 orang termasuk pejabat senior Taliban seperti Pejabat Menteri Pertahanan Mullah Yaqoob dan Pejabat Menteri Dalam Negeri Sirajuddin Haqqani.

Pemimpin tertinggi Hibatullah Akhundzada tidak hadir dalam parade tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)