Serangan Iran ke Israel Akan Berbeda Dibandingkan Sebelumnya, Seperti Apa Kejutannya?

Rabu, 14 Agustus 2024 - 17:10 WIB
loading...
A A A
Sementara orang-orang di wilayah tersebut menunggu, ada ketidakpastian tentang kapan Iran akan bertindak, dan seberapa jauh tindakannya. Haimovich mengatakan serangan 'yang akan segera terjadi' dapat terjadi dalam waktu kurang dari 48 jam atau dalam beberapa hari mendatang.



Amerika Serikat sejauh ini belum mengamati adanya pergerakan khusus di Iran yang mengindikasikan potensi serangan terhadap Israel dalam beberapa jam mendatang, Sky News Arabia melaporkan mengutip juru bicara Pentagon.

AS telah berjanji untuk menanggapi setelah beberapa personel Amerika terluka dalam serangan roket yang menghantam pangkalan udara Ain al-Assad di Irak. Sabereen News yang berafiliasi dengan IRGC sebelumnya mengatakan militan yang didukung Iran berada di balik serangan itu, meskipun tidak ada kelompok yang secara resmi mengaku bertanggung jawab.

Menurut Bloomberg, yang mengutip sumber yang dekat dengan masalah tersebut, anggota G7 telah menghubungi Iran untuk meminimalkan pembalasannya guna mencegah konflik regional yang lebih merusak.

Bagaimana Israel akan menanggapi jika Iran membalas semuanya bergantung pada bagaimana Teheran melakukan serangannya dan sifatnya, kata mantan Panglima Tertinggi Israel.

Dalam wawancara eksklusif dengan Iran International, mantan direktur CIA dan Komandan CENTCOM AS David Petraeus mengatakan Iran dan Israel akan mencoba menghindari perang besar-besaran karena takut akan kehancuran yang dapat ditimbulkannya di kedua belah pihak.

"Saya pikir [Iran] harus menanggapi," kata Petraeus kepada Marzia Hussaini dari Iran International, "ini merupakan pukulan telak bagi kehormatan Iran... Ini merupakan kegagalan intelijen dan... kegagalan keamanan yang besar. Jadi, mereka harus menanggapi. Namun, saya tidak berpikir Iran ingin terlibat dalam perang langsung dengan Israel... Dan sejujurnya, saya tidak berpikir Israel ingin terlibat dalam perang besar dengan Hizbullah atau Iran," katanya.

Haimovich mengatakan serangan balasan Israel pada bulan April menyampaikan pesan yang kuat kepada pemerintah Iran, tetapi ia mengatakan itu mungkin belum 'cukup.' Serangan terhadap sistem radar canggih Iran di Isfahan hanya beberapa hari setelah Teheran melancarkan lebih dari 300 serangan pesawat nirawak dan rudal ke Israel, menunjukkan bahwa kemampuan pertahanan Iran tidak dapat menandingi kekuatan militer Israel, katanya.

"Setelah tanggapan Israel pada bulan April, rezim Iran, mereka memahami dengan tepat apa kemampuan Israel," katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0860 seconds (0.1#10.140)